Kulineran di Bebek Bentu Serpong Jaya ; Bukan Hanya Soal Rasa Tapi Perasaan


Happy wiken, teman-teman! Mau mengisi wiken kemana rencananya, nih? Kalau saya, kebetulan minggu kemarin timeline Instagram saya isinya melulu tentang kuliner. Dan sepertinya ini belum segera berakhir karena saya lagi ketagihan bebek kecombrang. Jadi buat teman-teman yang belum merasakan endeusnya kulineran di Bebek Bentu Resto Serpong Jaya, maapkeun ya. Selamat ngunyah meja aja, halagh...

Sabtu pagi, 1 Desember 2018 silam satu demi satu teman-teman saya sampai juga di resto Bebek Bentu Serpong Jaya. Yeayyy. Lokasinya boleh dibilang strategis yakni di bilangan BSD. Bagi saya yang sama-sama tinggal di BSD (baca : bukan Bumi Serpong Damai tapi Bogor Sonoan Dikit alias Cileungsi) *minta_dilempar_bebek* untuk menjangkaunya gampang sekali. Tinggal naik bis Patas jurusan Kampung Rambutan ke Plawad Tangerang lalu minta turun di Rawa Buntu saja. Dari sini saya tinggal naik ojol yang jaraknya hanya kurang lebih 3 kilometer aja untuk sampai di Resto Bebek Bentu ini. Gampang kan, kan, kan, kan.

fasad luar resto Bebek Bentu Serpong Jaya semakin eyecathcing dengan kanopi merah yang menaunginya 

Sepanjang ingatan saya, wilayah BSD awalnya dikenal sebagai hutan pohon karet yang luas. Istilahnya tempat jin buang anak. Namun sekarang boleh dibilang lokasi ini tumbuh menjadi kota mandiri yang pesat sekali perkembangannya. Takjub saya. Bukan saja banyak perumahan yang berdiri tapi juga berbagai fasilitas umum dan komersil.

Namun sayangnya, dari begitu banyak tempat kulineran yang ada,  bagi pecinta bebek tidak banyak resto yang menawarkan menu bebek yang empuk dan ga amis yang juga asik dijadikan tempat hangout. Kriteria asik di sini, kalau buat saya, mengarah ke lokasinya yang instagramable, makanannya enak, harganya terjangkau dan cocok untuk jadi poskonya emak-emak yang nunggu anaknya sekolah. Waini penting banget. Soalnya selama nunggu anak saya sekolah apalagi pilihannya selain bolak balik ke warung bakso? Dan, FYI aja, si dekat resto ini, sewaktu saya naik ojol tadi saya melihat ada sekolahan juga. Cakeeppppp...


Manis, Hangat, Adem
Begitu langkah kaki menjejak di depan Bebek Bentu Resto suasana manis dan hangat langsung saya rasakan. Tatanan interiornya terlihat begitu artistik. Dinding berwarna putih dengan salur-salur bata dan meja-meja kayu berbentuk bulat yang disusun berkelompok-kelompok mengesankan kehangatan dan keakraban.

Tapi tunggu dulu. Pandangan saya kemudian terhenti saat melihat susunan pot-pot tanaman dan sepeda antik di sudut bagian depan. Alamak cantik nian nuansa alam di spot ini. Otak keganjenan kemudian kumat. Siapa ya yang mau dimintai tolong memotret saya? hihihih...

Huk Family Resto Corner sebuah spot cantik buat ngemil syantik. Tampak di rak susunan roti manis yang dapat kita beli dengan harga Rp 4ribu/bh 


So far, kesan vintage, manis dan hangat semakin saya rasakan saat memperhatikan elemen-elemen penunjang interior di resto Bebek Bentu ini. Ada lampu lampion yang terbuat dari anyaman bambu, ada aneka tampah yang dijadikan hiasan dinding, juga ada deretan jendela krepyak dan pajangan bebek-bebekan dari kayu di tangga menuju lantai dua.

jendela krepyak di tangga menuju lantai 2


Oiya, teman-teman percaya tidak, di resto Bebek Bentu sempat ada dua nuansa kontradiktif yang saya rasakan, lho. Duh gimana ya bilangnya. Rasanya itu hangat tapi adem. Hangat karena suasana interior yang terbentuk. Dan ademnya ga lain berasal dari hembusan AC yang terasa menyegarkan untuk ukuran suhu Jakarta dan sekitarnya :P

Menurut Pak Bangkit Kuncoro, pemilik Bebek Bentu Resto Serpong Jaya, resto ini merupakan cabang ke-lima Bebek Bentu Resto. "Awalnya Bebek Bentu berdiri di Cempaka Putih Jakarta Pusat tahun 2008."

Pelan-pelan keberadaan resto Bebek Bentu menyebar di berbagai penjuru. Buat penyuka kuliner bebek yang tinggal di bekasi silakan mampir di Jatiasih dan yang tinggal di wilayah Bogor bisa ke Dadali. Sedangkan untuk wilayah Tangerang ada dua pilihan,  buat yang di daerah Pondok Aren dan sekitarnya bisa ke cabang Bintaro dan untuk yang di daerah BSD bisa ke Serpong Jaya ini.

bareng pak Bangkit dan ibu Siti Zulfa

Semua resto Bebek Bentu ini dimiliki Pak Bangkit sendiri bersama istrinya Bu Siti Zulfa. Sempat juga saya menanyakan kemungkinan joint partner dengan system franchise. Tapi Pak Bangkit menggeleng saja sambil tertawa. Sosok humble ini bilang, "ga semua orang suka makan bebek seperti saya dan istri. Kami tau sekali citarasa bebek yang enak seperti apa karena kami doyan wiskul bebek di pinggir jalan." 

Beliau melanjutkan, "Sementara ini kami sudah puas memiliki ini demi menjaga citarasa olahan bebek di resto kami. Kami tau sekali bagaimana mengolah daging bebek supaya ga amis. Kami juga memilih bebek tua karena teksturnya lebih liat dan padat dagingnya. Tapi jangan kuatir, dengan proses perebusan berjam-jam dengan paduan bumbu dan rempah yang kuat cita rasa Bebek Bentu kami pasti bikin ketagihan. Namanya aja Bentu. Singkatan Ben Tuman alias biar ketagihan," selorohnya.



Kening saya berkerut. Mosok iya sih bikin ketagihan? Kuylah kita buktikan. Satu demi satu menu kemudian diantarkan waiter ke setiap meja,  siap diserbu saya dan teman-teman. Semua taste ada. Mau tradisional taste,  Asian taste dan bahkan Western taste semua ada seperti bebek, ayam,  gurame, kepiting, cumi, udang, nasi goreng, hot plate,  cap cay, cah kangkung, kebab, roti maryam, dan lainnya. 

karyawannya gesit dan cekatan. Mereka paham keunggulan menu-menu yang dihidangkan 


Menurut pak Bangkit, ragam menu yang disajikan tidak lain demi memanjakan lidah pelanggannya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun diharapkan akan betah menikmati masa quality time bersama keluarganya. Konsep family resto yang diusung resto ini dengan jeli diperhatikan pak Bangkit dan Bu Siti Zulfa dengan menyediakan baby chair. Buat pelanggannya yang muslim di resto ini juga disediakan musholla di lantai dua. Apalagi ya? Oh iya,  di lantai dua ini juga disediakan ruang outdoor. Jaringan wifi juga kencang. 

roti manis Rp 10 ribu dapat tiga macam :)

Btw, range harga di sini sangat terjangkau. Buat yang mau ngemil syantik aja di resto ini juga menyediakan aneka roti manis handmade dengan harga Rp. 10 ribu dapat tiga macam. Cocok deh untuk dompet saat kocek lagi mepet.

Kebab Rp 25K

Gurame Hantu Petir Rp 46K

Cap Cay Goreng Sea Food Rp 28K / Cah Kangkung Polos Rp13K


Pedas, Asam, Dingin 
Dari beragam menu yang saya cicipi ada beberapa menu rekomendasi saya.

Bebek Kecombrang 


Bebek Kecombrang harga Rp 24 - 25K 
Satu porsi menu bebek kecombrang berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada) yang dibaluri sambal kecombrang dan lalapan.  

Saat mencicipinya, rasa sambal yang diberi irisan rempah kecombrang khas sekali aromanya. Citarasanya gimana ya, unik gitu. Lagipula ada sedikit wangi menguar saat mengunyahnya. Jadi bikin napsu makannya, deh. Dan semua rasa tersebut dibungkus dengan sensasi pedasnya cabai yang digunakan membuat saya ketagihan.

Bebek Cemeng 


Bebek Cemeng harga 24 - 25K
Satu porsi menu bebek Cemeng berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada)  yang dibaluri sambal Cemeng dan lalapan. 

Nah, kalau bebek Cemeng saya penasaran mencobanya karena mendengar namanya yang menggelitik. Cemeng itu artinya hitam. Oalaah, sehitam apa dia? 

Jujur,  menu ini juga juara buat penyuka bebek yang doyan pedas. Soal level kepedasan antara bebek cemeng dan bebek kecombrang menurut saya, sih,  so so aja. Alias fifty fifty. Alias pedes sekali.  Ga tau ya kalau menurut kamu hehee

Bebek  Cabe Hijau

Bebek Cabe Hijau harga 24 - 25K
Satu porsi menu bebek cabe hijau berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada) yang disiram dengan sambal hijau dan lalapan.  

Saya tertarik dengan menu ini karena warna cabai hijaunya terlihat segar sekali. Sensasi cabai hijau segar yang ditumbuk kasar lalu disiram minyak panas sehingga warnanya tetap segar juga sama nikmatnya. Namun menu ini lebih sederhana rasanya. Perpaduan rasa asin dan pedasnya justru kunci utama dalam kelezatannya.  Buat yang ga terlalu suka pedas, ini rekomendasi saya. 

Dan menariknya, dalam setiap menu bebek yang disajikan semua potongan bebeknya berukuran besar. Ben puas, ben marem yo hehee..  

Dan lagi,  di setiap gundukan nasi putihnya ada taburan bumbu kremesnya.  Rasanya gurih-gurih kress gitu dan ada aroma harum yang bila lumat di dalam mulut dengan daging bebek rasanya, eimmmm, siap siap ketagihan, deh.  Btw, bumbu cocolan ini merupakan ciri khas utama dari resto ini, lho. 

Pizza Special


Pizza Special harga Rp 35K
Jujur saya penasaran mencicipi pizza dengan kulit yang tipis ini berdasarkan ulasan orang-orang mengenai menu andalan di Bebek Bentu Resto. Wah rupanya benar. Meski terlihat biasa aja taburan toppingnya tapi rasanya, eimmm, kejunya berasa banget dan empuk banget. Satu slice saya habiskan dalam dua gigitan.

Spagheti AOP Smooked Beef


Spagheti harga Rp 27,5K
Selain nasi, spagheti juga sama mengenyangkan perut dan sama enaknya. Nah yang saya suka pasta spagheti dimasak dengan tingkat kematangan yang pas. Ga kematangan sehingga kelembekan dan ga keras juga karena kurang matangnya.  Salut buat chef bebek bentu yang pandai mengolah aneka menu di sini. Kemudian bila biasanya saus yang digunakan adalah saus tomat tapi yang ini lain dong.  Coba perhatikan,  ada irisan cabe dan taburan lada hitam yang berasa banget hotnya.  Potongan daging smoked beefnya juga melimpah.  Wuihh sedappp...

Jus Kedondong

  
Jus Kedondong harga Rp 16K
Untuk minuman saya merekomendasikan jus kedondong. Rasa asemnya mantep banget. Seger banget minum jus kedondong untuk membilas rasa di lidah saya.  Dan ketika saya aduk,  saya menemukan potongan manisan kiamboy di dasar gelas.  Waah, saya yang lagi ga ngidam aja ngeces ngeces lagi nih hihihi.. 

ki - ka : Jus Belimbing, Jus Melon, Jus Strawberry Rp 16K


Kesan saya ketika kulineran di Bebek Bentu bukan lagi soal rasa tapi perasaan. Kenikmatan daging bebek yang rasanya meresap sampai ke tulang  juara deh. Adalagi perasaan enggan pulang meskipun sudah berjam-jam di sini membuat saya merencanakan lagi untuk datang ke sini bareng keluarga saya.  Kamu mau temanin?  Kuy saya tunggu ya. 

Untuk info lebih lanjut : 

Bebek Bentu Cempaka Putih
Jl.  Cempaka Putih Barat XXVI No. 10 Jakpus 
Telp. 021 - 421 3010, 0858-9143-8484, 0838-9819-8543

Bebek Bentu Jati Asih Bekasi
Jl.  Wibawa Mukti II Raya, Jatiasih, Bekasi
Telp. 021-8240-6893, 0812-1105-5902

Bebek Bentu Serpong Jaya bisa order via Go Food juga 


Bebek Bentu Bintaro
Ruko Acasia Arcade 2 Blok M1 No.9 Bintaro
Jl.  Raya Jombang Ciledug, Pondok Aren Tangsel
Telp. 021-745-6308, 745-7770, 7487-0864, 0896-4999-3391

Bebek Bentu Bogor
Jl.  Dadali No. 10 Bogor
Telp. 0251-754-5009, 0895-3386-37305

Bebek Bentu BSD (Serpong Jaya) 
Ruko Orlin Arcade No. 8 perum Serpong Jaya
Jl.  Puspiptek Raya Serpong Tangsel
Telp. 021-7567-5316, 0812-8685-8746 

Atau mampir dulu ke sosmednya : 
Facebook : bebek bentu
Instagram : @bebekbentu14
Twitter : @bebekbentu14


Tidak ada komentar