Tempe Penyet Kemangi

Sambal. Huaaa, I can't live without it. Seriously... I can't!!!

Sensasi rasa panas di mulut dan telinga, keluarnya airmata dan lendir hidung, gerah di badan, bikin mata sampe melek dan otak jadi encer memang bikin ketagihan makan pedas. 

Di rumah, biasanya saya nyetok cabe keriting dan rawit setan 1/4kg untuk seminggu. Itu belum cabe hijau dan cabe rawit khusus gorengan yang saya beli terpisah, lho. 

Habis? Pasti dong. Soalnya setiap masakan selalu dikasih cabe misalnya bikin nasi goreng, balado, rica-rica, gulai, sambal-sambalan atau bikin mie instant. Dan alhamdulillah keluarga saya juga suka pedas semua walaupun standar kami masih level standar-lah. At least, saya ga perlu repot misahin menu segala hehehe... 



Kemarin mba Nala request Tempe Penyet. Wah iya ya, udah lama juga ga bikin tempe penyet. Padahal makanan ini mudah dibikin, bahannya gampang, dan yang pasti sehat dong.

Tempe penyet memang paling yahud kalau dinikmati bareng nasi hangat dan tambahan daun kemanginya. Wuihhh, perpaduan tempe goreng yang asin dan wangi ketumbar bawang, pedasnya sambal dan wanginya daun kemangi bikin ludah saya ngeces. Apalagi modalnya murah koq, paling cuma lima ribu rupiah. Ga percaya??? 

Ini resepnya ya... 

Tempe Penyet Kemangi 

Bahan : 
setengah papan tempe dipotong serasi terus dimarinasi atau direndam dengan bumbu uleg ketumbar, bawang putih dan garam lalu digoreng matang jangan sampai kering banget. 

Satu ikat daun kemangi 

Bahan sambal digoreng dengan sedikit minyak : 
2 Bawang merah, 
1 bawang putih, 
5 cabe merah keriting, 
5 cabe rawit setan, 
1/4 tomat, 
1 trasi ABC, 
garam dan gula 



Caranya : 

  • Setelah menumis bahan sambal segera uleg di cobek. 
  • Test rasanya kalau sudah pas masukkan tempe goreng dan penyet-penyet dengan ulegan tapi ga usah sampai hancur lumat yes. 
  • Tambahkan kemangi, aduk lagi sampai rata. 
  • Jadi dehhh... 


Selamat mencoba 😍

Total pengeluaran saya cuma sekitar lima ribu rupiah. 1/2 papan tempe sekitar Rp 2.500, 1 ikat kemangi Rp 1.000, dan sambelan kira-kira Rp 2.500

Gimana, murah kan? Sehat pula. Kita tau kan manfaat tempe memiliki komposisi protein yang lebih tinggi dari daging. Yuklah besok bikin... 




5 komentar

  1. Aku sebenernya g suka pedes, Taoi kalau Tempe ulala my favoriteeee,, save resep boleh yaaa

    BalasHapus
  2. Aku pernah bikin tempe penyet kemangi ini. Memang enak banget. Makan jadi semangat. Nambah lagi nambah lagi. Pengen bikin lagi nih ngeliat postingan ini.

    BalasHapus
  3. Aku suka tempe penyet. Tapi kalau dikasih daun kemangi kayaknya belum pernah. Tampak wangi deh ini pastinya yaa. Ngiler wkwk

    BalasHapus
  4. Sama banget dong aku juga pecinta makanan pedes. Tempe penyet gini emang menu termudah kalo lagi males masak hihi

    BalasHapus
  5. Liat ini sambel tempenya kok jadi lapar lagi ini hihihi cuss bikin sendiri mumpung libur hehehe

    BalasHapus