Ancol Buka Lagi. Usia 9 Tahun Ke Bawah Bisa Masuk Sea World dan Ocean Dreams!




Lebih dari delapan bulan kita harus menahan diri beraktivitas ke luar rumah. Yang bekerja menjalani WFH, yang sekolah juga menjalani SFH. Semua harus patuh di rumah saja untuk mencegah terinfeksi virus covid-19 yang meresahkan. 

Jangan ditanya gimana cupetnya pikiran, sudah uang terbatas setiap harinya kita masih menghadapi rutinitas yang membosankan. Ibarat dipenjara rasanya. Makanya banyak orang yang melarikan diri menggali kembali hobi lamanya seperti memasak, merajut atau berkebun. Lantas bagaimana dengan anak-anak? Bukankah mereka sama kaya kita yang butuh release stress. Butuh piknik tepatnya hihihi... 

Alhamdulillah, ada kabar gembira. Seiring dengan masa new normal pelahan-lahan tempat hiburan sudah membuka diri. Diawali dengan hotel-hotel yang sudah open room diikuti penerbangan dan kereta, bioskop hingga tempat wisata. 

Daaan, senang banget dong saya saat googling Ancol sudah dibuka untuk umum. Masih belum percaya saya scroll lagi akun Instagramnya. Ahaaa, iya beneran!!!

Asiiik, jadi piknik dong kita? Tanya Dega, si bontot. 

Yukkkkk, kapan? Tantang saya 😍


Rekreasi Aman di Masa Pandemi
Pandemi membuat kita semakin harus hati-hati. Beraktivitas di luar rumah boleh saja asalkan kita tetap mematuhi protokol kesehatan. Begitupun pergi piknik. Tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Teman-teman, selalu camkan di hati, potensi penularan tertinggi covid-19 ada di lokasi yang menjadi tempat kerumunan orang. Saat ini transmisi virus Covid-19 katanya sudah berkategori individual transmission. Ngeri kan. Untuk itu hindari aja tempat yang padat dan kerumunannya rapat. Selalu pakai masker, rajin cuci tangan atau seka dengan handsanitizer dan kalau perlu bawa alat makan sendiri. 






Beruntungnya di masa pandemi begini kita masih bisa memilih mau liburan ke mana. Sejumlah tempat wisata di Jakarta sudah dibuka, salah satunya TIJA - Taman Impian Jaya Ancol. Tempat wisata ini rekomen buat saya dan keluarga karena penerapan prosedur kesehatannya ketat di semua aspek. Mulai dari penyediaan sarana kebersihan seperti wastafel cuci tangan, penyemprotan desinfektan area wahana secara berkala, pembatasan jumlah wisatawan hingga pemesanan tiket secara online. 

Dari aspek individu pihak pengelola Ancol mewajibkan pengunjung menerapkan perilaku 3 M dan diimbangi dengan staf yang bertugas mengenakan masker dan face shield. Dengan begini, insha Allah kita bisa rekreasi aman di masa pandemi. Yeayyyy.... 







Aturan Baru Wahana Sea World dan Ocean Dreams 
Dari seluruh wahana yang ada di TIJA, buat saya Ocean Dreams dan Sea World merupakan tempat wisata yang menarik. Ada unsur Fun Edukasi mengenai dunia biota laut yang bisa kita perkenalkan buat anak-anak. 

So, buat teman-teman yang mau mengajak rekreasi di sini ada beberapa hal berbeda dari sebelumnya yang perlu diperhatikan. Di Sea World saat nonton proses pemberian makan ikan di main tank yang melibatkan dua divers, biasanya dinikmati sambil lesehan di area karpet yang disediakan, kan? Naah di masa pandemi ini ada peraturan baru. Area karpet diganti dengan kursi-kursi yang diberi jarak sekitar 1,5 - 2 meter. Tujuannya untuk memberi jarak antara satu pengunjung dan pengunjung lain supaya tidak berhimpit-himpitan. 

Di Ocean Dreams juga diberlakukan aturan serupa. Untuk nonton atraksi lumba-lumba setiap pengunjung harus menempati tribun yang sudah diberi tanda jarak antar penonton. 

Untuk menghindari potensi penularan covid-19 dengan biota laut pihak pengelola meniadakan berbagai atraksi yang memungkinkan adanya kontak fisik antara pengunjung dengan hewan laut yang ada di Sea World dan Ocean Dreams. Jadi teman-teman jangan kecewa ya kalau pemberian makan penyu di kolam touch pool Sea World ditiadakan. Begitupun dengan atraksi berenang bersama lumba-lumba di Ocean Dreams untuk saat ini belum dapat kita nikmati. Gapapa ya demi kebaikan bersama kita harus sama-sama saling melindungi, kan? 

Akan tetapi, kabar gembiranya, bagi pengunjung Sea World dan Ocean Dreams di bawah usia 9 tahun sudah diperbolehkan rekreasi. Kabar ini cukup menggembirakan ya buat teman-teman yang punya anak kecil. Apa rasanya coba kalau piknik ga bisa bareng-bareng? 

Oh iya, pembatasan regulasi yang tadinya hanya warga ber-KTP DKI Jakarta aja yang bisa rekreasi sekarang sudah dilonggarkan. Siapapun bisa piknik di Sea World dan Ocean Dreams asalkan mau mematuhi prokes yang ditentukan. Selamat piknik aman di masa pandemi 😍


No comments