Hari Raya Idul Adha Bikin Sate Maranggi, Yuk!






Yeayyyy sebentar lagi Idul Adha tiba! Hari yang penuh makna bagi umat Islam di seluruh dunia ini selalu ditunggu-tunggu. Bukan hanya untuk beribadah dan berbagi kebahagiaan dengan sesama, tetapi juga untuk menikmati beragam hidangan lezat yang disiapkan dari daging kurban. Salah satu hidangan yang selalu menggoda selera adalah Sate Maranggi. 

Sate Maranggi adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Sate ini memiliki rasa yang unik dan khas karena bumbu perendamnya yang spesial. 

Biasanya saya sengaja berkunjung ke RM Sate Maranggi H. Yetty di Purwakarta bila ingin menikmati hidangan ini. Namun gak ada salahnya bila kita sesekali membuatnya sendiri di rumah. Lebih hemat pula. Yuk mari kita bahas lebih lanjut bagaimana cara membuatnya. 

Btw, resep ini saya dapatkan dari founder komunitas masak NCC yaitu ibu Fatmah Bahalwan. Beliau membagikan resep dan memasak langsung di acara event gathering bareng Influencer dan Blogger Dompet Dhuafa, 6 Juni 2024 lalu. 


Berikut bahan-bahannya:

Untuk membuat Sate Maranggi yang lezat, kita akan membutuhkan:

- 500 gram daging sapi bagian has dalam, potong dadu

- 100 ml kecap manis

- 3 sendok makan minyak goreng

- Tusuk sate secukupnya


Bumbu Halus:

- 6 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 3 cm jahe

- 2 cm kunyit

- 3 butir kemiri

- 1 sendok teh ketumbar

- Garam secukupnya


Sambal Tomat (opsional):

- 2 buah tomat, potong dadu kecil

- 5 buah cabai rawit, iris tipis

- 2 siung bawang merah, iris tipis

- 1 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh air jeruk nipis

- Garam dan gula secukupnya


Cara Membuat:

1. Marinasi Daging:

   - Haluskan semua bumbu halus dengan menggunakan blender atau ulekan.

   - Campurkan bumbu halus dengan daging sapi yang sudah dipotong dadu.

   - Tambahkan kecap manis dan minyak goreng, lalu aduk rata.

   - Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap sempurna. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, diamkan di dalam lemari es.


2. Sementara menunggu proses marinasi kita bisa lanjutkan membuat Sambal Tomat:

   - Campurkan tomat, cabai rawit, dan bawang merah dalam mangkuk.

   - Tambahkan kecap manis, air jeruk nipis, garam, dan gula. Aduk hingga rata.


3. Menyusun dan Membakar Sate:

   - Tusukkan potongan daging yang sudah dimarinasi ke tusuk sate.

   - Panaskan panggangan atau grill. Bakar sate hingga matang dan berwarna kecokelatan. Balik sate secara berkala agar matang merata dan tidak gosong.


4. Penyajian:

   - Sajikan sate maranggi dengan sambal tomat sebagai pelengkap. Nikmati sate maranggi dengan nasi hangat atau lontong agar semakin mantap.


Tips Tambahan:

- Untuk variasi rasa, teman-teman bisa menambahkan air asam jawa pada bumbu marinasi. 

- Pastikan untuk membakar sate dengan api sedang agar tidak cepat gosong tetapi tetap matang hingga bagian dalam.


Idul Adha adalah momen yang tepat untuk berbagi dan menikmati kebersamaan dengan keluarga. Dengan resep sederhana ini, teman-teman bisa menghadirkan kelezatan Sate Maranggi di rumah dan membuat hari raya kurban menjadi lebih istimewa. Selamat mencoba dan selamat menikmati Sate Maranggi homemade. 

8 komentar

  1. wah asik dapat resep sate maranggi. Bumbunya kaya rempah, sedaaap!
    nah tapi aku ga punya grilling pan, bisa diolah bentuk apa yah tapi tetap dengan bumbu marinasi seperti di atas.

    BalasHapus
  2. Wah gasskeun ini bikinnya. Btw setelah marinasi bisa dibungkus daun pepaya sebentar biar lebih empuk dagingnya, ilmu turunan nenek saia

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah akhirnya nemuin resep sate maranggi homemade nih 🤩 Udah niat memang mau bikin sate maranggi di rumah pas idul qurban, kebayang bakalan sedep banget. Makan bareng sama keluarga jadi kian nikmat dan punya cara menarik buat ngolah daging di lebaran idul adha, thank you mba.

    BalasHapus
  4. Aih, pas banget jelang Idul Adha nemulah sama resep Sate Maranggi yang cocok banget jadi menu kumpul keluarga nih. Langsung kebayang sedapnya disantap rame-rame pakai nasi hangat. Duh, kayaknya mulaui butuh nyari bahan bahan bumbunya sekarang deh.

    BalasHapus
  5. saya suka banget sate maranggi apalagi di kota kelahiran saya marangginya khas banget dan ternyata bumbu nya beda ya dengan bumbu marinasi sate maranggi cianjur. saya gak pake kunyit dan kemiri. cuman bawang merah, bawang putih, gula merah, jahe dan ketumbar aja. udah itu aja, hehe. tapi nikmatnya poll

    BalasHapus
  6. Pas kali mau Idul Adha membaca tulisan Mbak Dyah karena sate maranggi adalah salah satu sate favorit yang ada di keluarga saya. Boleh juga dicoba resep ini untuk lebaran Idul Adha besok

    BalasHapus
  7. Pas banget nih, memang lagi pengen bikin sate pas idul adha nanti tapi bukan sate yang biasa.
    Sebenarnya saya jarang bikin sate sih kalau pas idul adha, paling cuma bikin rendang atau rawon, itu pun pakai bumbu instan. hehehe..

    BalasHapus
  8. Wah pas banget nih, lagi pengen bikin Sate Maranggi, malahan yang ini simple resepnya, bahan-bahannya juga nggak sulit. Cuss, otw coba..

    BalasHapus