Sesimpel Ini Masak Kari Daging dengan House Kari ala Jepang! Begini Caranya




Saya suka masak. Selain lebih hemat dan sehat, saya juga dapat memilih sendiri bahan masakan yang akan digunakan. Dan saya baru tahu, rupanya sesimpel itu bikin Kari Daging dengan House Kari ala Jepang! Begini caranya simak ya. 

Sebelum saya membagikan resepnya, saya mau cerita sedikit soal Kari. Kari atau kare adalah sejenis masakan berkuah kental yang dimasak dengan banyak bumbu dan rempah-rempah. Aromanya sangat tajam dan kuat. 

Biasanya kari atau kare juga menggunakan santan yang membuat rasa masakan jadi lebih gurih dan sedap. Kalau saya bilang, kari itu mirip kalio atau gulai yang dimasak sedikit lebih lama, jadi masih ada kuahnya, hanya sedikit lebih kental saja. 

Tapi ini hanya opini saya ya. Karena walaupun namanya sama-sama kari tapi jenis rempah dan bahan baku utamanya bisa berlainan. Tergantung jenis kari dan negara asalnya. 

Perbedaan Kari Jepang dan Kari India
Nah, salah satu jenis masakan kari yang terkenal berasal dari Jepang. Hidangan ini sangat populer dan biasanya disajikan dalam tiga bentuk, yaitu nasi kari, kare udon (mie tebal) dan kari pan (roti kari).

Antara Kari Jepang dan kari India sebenarnya bagi saya, sih, tidak terlalu mencolok perbedaannya. Tapi untuk rasa, kari India lebih pedas sedangkan kari Jepang lebih dominan rasa mericanya. 

Untuk tekstur kuah juga sedikit ada perbedaan. Kari Jepang lebih kental dan warnanya juga sedikit lebih coklat kegelapan. Kalau kari India lebih encer kuahnya dan berwarna lebih terang. Mungkin karena lebih banyak menggunakan kunyit dan cabe merahnya kali ya? hehehe...

Jujur, meskipun saya suka masak tapi untuk meramu dengan komposisi tepat belasan jenis rempah-rempah hingga jadi kari yang otentik dan rasanya pas di lidah saya nyerah. Makanya saya lebih suka membeli hidangan kari yang sudah matang saja. 


Begini Rasanya ikut Challenge Master Chef
Beruntung saya dan teman-teman berkesempatan hadir dalam sesi demo masak bareng Chef Theodorus Immanuel Setyo yang akrab dipanggil Chef Theo. 

Ruangan dapur Almond Zuchinni Cooking Studio di bilangan Blok M, Jakarta Selatan mendadak riuh rendah pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 lalu. Semua excited menantikan sesi re-cook masakan kreasi Chef yang saat ini bekerja di Hotel Padma Bandung Jawa Barat. 



Setiap tim beranggotakan dua orang. Dan saya dipasangkan dengan Yessi. Alhamdulillah, kami berdua suka masak juga, jadi gampang koordinasi kerjanya. Saya bagian rajang-rajang dan uleg-uleg sementara Yessi bagian cemplung-cemplung di kompor dan platting. 




Berikut resep Kari Daging dan Kroket Kentang Dengan Sayuran (bahasa chefnya : Meat Curry with Croquette with vegetables) hehehe... 

Bahan utama : 
150 - 180 gram daging has dalam
1 buah kentang ukuran sedang
1 wortel 
2 kuntum bunga kol
2 kuntum brokoli 
2 lembar sawi hijau berdaun lebar
sedikit potongan zucchini

Bumbu : 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, seiris bawang bombay, cabe rawit merah, 2 kapulaga, 1 bunga lawang, sereh, daun jeruk dan satu blok House Kari ala Jepang

Pelengkap : 2 sdm santan instant, 1 butir telur, pangko (tepung panir putih) dan tepung terigu, garam, merica halus dan minyak goreng

Cara membuatnya : 
1. Buat Bola-bola sayuran :
- Rebus wortel, sawi, bunga kol, brokoli dan kentang secara bergantian




- Cincang kasar wortel, bunga kol, brokoli dan zucchini kemudian tumis dengan cincangan bawang bombay sampai layu. Jangan lupa beri sedikit garam dan merica. 

- Tata sawi hijau di atas meja. Masukkan kurang lebih 1 - 2 sdm tumisan sayuran tadi lalu bungkus membentuk bulatan-bulatan. Sisihkan. 

2. Buat kuah Kari :



- Iris bawang merah dan bawang putih lalu tumis dengan sereh dan daun jeruk, kapulaga dan bunga lawang sampai wangi

- Tambahkan cabe rawit dan satu gelas air serta satu blok House Kari ala Jepang. 

- Setelah mendidih, masukkan dua sendok makan santan, lalu masak sebentar sampai mengental. 

3. Buat Kroket : 
- Haluskan kentang rebus, lalu taburi dengan remahan House Kari ala Jepang dan remas-remas sampai menyatu. 




- Bentuk bulat-bulat seperti adonan kroket lalu baluri dengan tepung terigu, masukkan ke dalam kocokan telur dan lapisi bagian luarnya dengan tepung pangko (tepung panir). Pembalurannya boleh dilakukan dua kali ya. 

- Goreng kroket sampai berwarna kuning keemasan, lalu sisihkan. 

4. Buat Daging Steak :
- Keringkan daging dengan tissue makan sampai kering. 

- Baluri seluruh permukaannya dengan garam dan merica halus




- Goreng daging dengan sedikit minyak sampai kematangannya di tingkat medium. Sisihkan. 

Taraaa, selesai deh! Tinggal di-plating saja sebentar hidangan Kari Daging dengan kroket dan sayuran siap disajikan. Waktu pengolahan hingga pemasakan hanya 15 menit saja. Kereeeennn, ckckckck!!!




Mudahnya Memasak dengan House Kari ala Jepang
Sekali lagi saya excited. Ternyata sesimpel ini lho masak kari. Gak perlu menghapal belasan jenis bumbu dan rempah-rempah cukup menggunakan House Kari ala Jepang saja. 

House Kari ala Jepang ada dua rasa yaitu original dan spicy yang dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu kaldu padat dan pasta : 

- Saus Padat (curry roux)
Jenis ini ada dua ukuran ; kantong berukuran 968 gram dan kemasan berukuran 20 kilogram. 

Jenis ini sangat ekonomis. Bayangkan, dengan ukuran 935 gram kemasan ini berisi 20 box, cukup untuk memasak hingga 50 porsi. So, berguna banget nih buat kebutuhan restoran yang kerap menyajikan kari sebagai hidangan andalannya. 

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama rebus air hingga mendidih dan masukkan potongan saus padat, kemudian didihkan lagi. Tinggal dicampurkan dengan tumisan daging dan sayur saja. 

- Konsentrate Kari Beku 
Jenis ini ada dua ukuran. Ukuran kecilnya saja 1015 gram yang berisi 8 buah kantong dan cukup untuk memasak hingga 20 porsi. Sedangkan kemasan besarnya berukuran 8,5 kilogram

Jenis ini sangat praktis digunakan. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, cairkan kantong kemasan dalam air panas. Tuang isi kemasan ke dalam panci lalu didihkan. Tuangkan pada nasi dan katsu. Woww enak sekali. 

Untuk mengakomodasi kebutuhan rumah tangga, saat ini House Kari ala Jepang hadir dalam ukuran yang lebih kecil seberat 300 gram. 

Sehingga dengan masa pakai dari 12 hingga 18 bulan setelah produksi, risiko ekspired dan membuang produk karena kebanyakan dapat dicegah. 




Gak salah ya kalau House Kari ala Jepang memang enak. Hasil survey produk konsentrate saus di Indonesia pada tahun 2015 menunjukkan respon positif. 

Dalam kategori semua orang yang menyantapnya berkata "enak" menunjukkan hasil sebanyak 81% menjawab 'sangat enak', 19% menjawab 'enak' dan 0% yang menjawab 'tidak enak'. 

Sedangkan kategori menu yang dicari-cari sebanyak 99% menjawab 'ingin mencoba makan Kari ala Jepang'. Ini membuktikan menu Kari ala Jepang merupakan menu yang  yang diterima luas dari anak-anak hingga dewasa. 

Dan sekarang saya yakin bisa jadi masterchef di rumah. Saya tidak perlu panik lagi kalau ingin menghidangkan kari untuk keluarga. Cukup menggunakan House Kari ala Jepang baik yang berbentuk roux atau pasta kari beku aneka hidangan kari dapat dengan mudah saya sajikan.

House Kari ala Jepang Sudah ada di Indonesia Sejak 2016 
House Kari ala Jepang diproduksi House Foods ; sebuah produsen makanan ternama asal Jepang yang menguasai pangsa pasar Kari Jepang di negara matahari terbit tersebut. 

Kari ala Jepang dibawa ke Indonesia sejak tahun 2016 lalu melalui House & Vox Indonesia. 

Dan alhamdulillah saat ini Kari ala Jepang produksi House Foods telah bersertifikasi halal dari LPPOM MUI. Sehingga produk ini bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Dubai. 

Untuk mendapatkannya, konsumen bisa membeli melalui distributor utama dan melalui supermarket yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Makassar dan Manado. Kari ala Jepang juga mudah dibeli di beberapa situs online. 

Kari Jepang produksi House Foods sangat istimewa. Terbuat dari bubuk kari, rempah-rempah, pasta tomat, pasta bawang, dan lainnya Kari jepang tidak mengandung santan. Sehingga rasanya yang mild bisa dinikmati seluruh keluarga. 

Ah, list di kepala saya mendadak jadi banyak sekali. Ingin bikin nasi goreng kari, pasta kari, mie instant kuah kari, katsu kuah kari, martabak telur bumbu kari hingga tongseng. 

Tongseng? Iya betul. 

Chef Theo sempet membisikkan, House Kari ala Jepang juga bisa dijadikan tongseng. Tinggal tambahkan santan, sedikit kecap manis, irisan kol, tomat dan cabe rawit ke dalam rebusan daging jadi deh tongseng istimewa. Bikin ah!!!

Tidak ada komentar