Momen Ramadhan Saatnya Tumbuh Bersama Rumah Zakat Melalui Gaya Hidup Berbagi




Sudahkah kita bersyukur hari ini? Sudahkah mengucapkan terimakasih pada anggota tubuh kita yang tanpa lelah membuat diri kita sehat senantiasa? Sudahkah berbuat baik hari ini pada seluruh mahluk hidup di sekitar kita termasuk keluarga, seekor kucing ataupun tanaman yang tumbuh segar memberi kesejukan di hidup kita? 

Hieks, begitulah manusia. Seringnya kesuksesan membuat kita sibuk mengurusi dunia hingga lupa akan ibadah, lupa silaturahim pada tetangga dan saudara, lupa berbagi pada sesama. Padahal Allah telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita. Baik yang kita sadari maupun tidak. Contohnya saat terbangun pagi tadi, kita dapat membuka kedua mata kita, dari mana datangnya kekuatan itu? 

Yah, masa pandemi yang kita lalui dua tahun ini nyatanya telah mengajarkan banyak hal. Beruntungnya kita yang masih bisa survive ketika satu demi satu teman kita terpuruk ekonominya. Boro-boro memikirkan kontrakan bulan depan darimana uangnya, untuk makan hari ini pun masih harus diperjuangkan. 

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain - Hadits Riwayat ath-Thabrani

Hal ini mengingatkan kita lagi bahwa semua hal tidak ada yang kekal. Pun harta yang kita miliki bisa saja diambil sewaktu-waktu oleh sang maha kuasa. Di masa pandemi ini kita dihadapkan pada realitas kehilangan pekerjaan, usaha bangkrut, ditinggal mati orang-orang tercinta. 



Namun yang terpenting, tetaplah bangkit bagaimanapun sulitnya situasi yang kita hadapi. Jangan pernah takut berbagi kepada orang lain. Nyatanya kita tidak perlu kaya raya untuk bersedekah. Sedikit asalkan ikhlas pasti bermanfaat untuk orang lain. 

Inovasi Kemudahan Berbagi melalui infak.id dan waqf.id 2.0

Apalagi bersedekah di jaman sekarang sudah sangat praktis. Ada platform infak.id ataupun waqf.id 2.0 dari Rumah Zakat. 

Adapun infak.id merupakan kemudahan berinfak yang telah ada sejak tahun 2019. Usernya sudah ada lebih dari 200.000 yang rutin berinfak setiap hari. Sementara waqf.id diluncurkan sejak awal 2001 sebagai platform donasi wakaf produktif. Kedua platform ini tentu memberikan kemudahan berbagi setiap hari, khususnya di bulan Ramadhan yang sebentar lagi kita sambut. 

infak.id dan waqf.id 2.0 memiliki kelebihan dari sisi design yang mobile friendly, dan transparansi laporan bagi para donatur. Secara berkala Rumah Zakat juga merilis laporan pendistribusian dana infak dan wakaf yang terhimpun pada masing-masing platform. 



"Tujuan delvelopment infak.id dan waqf.id adalah menjadikan berbagi sebagai gaya hidup umat muslim. Khusus untuk waqf.id melalui platform ini Rumah Zakat ingin memberikan edukasi terkait keutamaan wakaf produktif kepada masyarakat," tutur Nur Efendy dalam Press Conference Ramadhan Tahun Ini #SaatnyaTumbuhBersama, Selasa 15 Maret 2022 di Hotel Sofyan, Cikini, Jakarta. 

Dalam Press Conference juga dilakukan sesi penandatanganan MOU #SaatnyaTumbuhBersama dengan beberapa mitra Rumah Zakat, diantaranya Air Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih, dan MTUA Rekayasa Industri. 




"Kami berharap kerjasama yang terjalin antara Rumah Zakat bersama para mitra dapat semakin mempercepat pemulihan ekonomi para penerima manfaat terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Semoga upaya ini juga dapat semakin memajukan usaha para mitra, sehingga tujuan kita untuk tumbuh bersama dapat terwujud," ungkap Nur Efendi.

Gerakan "Ramadhan Tahun Ini #SaatnyaTumbuhBersama merupakan upaya yang dilakukan Rumah Zakat berkolaborasi dengan para donatur juga wakif untuk membantu dan memberdayakan 1,5 juta penerima manfaat dari Aceh hingga Papua, terutama yang terdampak pandemic Covid-19.

Di tahun 2021, bersama donatur dan para mitranya, Rumah Zakat sukses memberdayakan 5 juta penerima layanan manfaat. Sebanyak 15% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat keluar dari garis kemiskinan, dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Dan di tahun ini Rumah Zakat menargetkan sekitar 20% penerima manfaat dapat keluar dari garis kemiskinan. 

Nah sekedar info aja, bulan Ramadhan tahun ini Rumah Zakat menawarkan enam program istimewa dimana pendistribusiannya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat di 33 provinsi 

1. Berbagi Buka Puasa, 

2. Kado Lebaran Yatim, 

3. Bingkisan LEbaran Keluarga, 

4. Syiar Qur'an, 

5. Ramadhan Bebas Hutang, 

6. Wakaf Qur'an Braile. 

Masya Allah, senang gak sih karena melalui Rumah Zakat kita jadi punya akses mudah untuk berbagi melalui infak dan wakaf. Nyatanya gak perlu punya asset fisik untuk berwakaf, melalui wakaf produktif pun pahalanya sama besarnya. Kita bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan fasilitas yang berguna untuk kepentingan umat. 

Jadi tunggu apa lagi? Donlod yuk aplikasi infak.id dan waqf.id 2.0 dan segera rasakan indahnya berbagi dalam kemudahan. 




























Tidak ada komentar