Ternyata! Memasak Jadi Lebih Mudah dan Praktis dengan Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe


Ternyata memasak jadi lebih mudah dan praktis dengan Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron. Seriusan. Tidak ada lagi kehectican di dapur. Tidak perlu lagi turunin semua perabotan. Cukup dengan satu alat berbagai masakan enak dapat dengan mudah disajikan untuk keluarga tercinta. 

Bicara soal masak, saya kerap merasakan ribetnya memasak di pagi hari untuk makan seharian sekeluarga. Dari mulai menyiapkan bahan, mengupas, memotong, mengiris, menghaluskan, cuci-cuci at least bisa makan waktu minimal 1 jam! Itu artinya harus bangun lebih pagi kalau mau menghidangkan menu yang lebih variatif. 

Nah, untuk mengirit waktu biasanya saya sudah cicil duluan. Food preparation saya terapkan dengan benar. Bawang merah dan bawang putih biasanya saya beli sebanyak 1/4 kilo untuk seminggu lalu saya kupas semuanya dan masukkan ke dalam kulkas. Duo bawang tersebut belum termasuk bikin bumbu dasar putih, merah dan kuning. 

Untuk tumis-tumisan, malam sebelumnya saya sudah menyiapkan terlebih dulu sayuran yang sudah dipotong-potong. Sering juga saya sudah menyiapkan lauk dalam porsi besar seperti ayam, tahu dan tempe ungkep, empal, rendang. Jadi paginya tinggal sreng sreng saja. 

Meskipun sudah mengirit waktu, tetap saja acara memasak bikin kepala saya masih juga nyut-nyutan. Karena apa? Ritual memasak itu tidak bisa multitasking. Tidak bisa disambi nyuci, tidak bisa disambi ngetik draft artikel. Apalagi setelah memasak pasti cucian perabotannya jadi numpuk!!! Huh, menyita waktu dan tenaga sekali. 







That's why seneng banget diundang Komunitas Emak Blogger ikutan live cooking class bareng Chef Steby Rafael, Minggu, 25 September 2022 di Farmers Market Sumarecon Tangerang. Kapan lagi bisa ngobrol santai sambil ngeliatin chef ganteng dan murah senyum ini lagi masak. Pun - ini yang ditunggu-tunggu - bisa icip-icip citarasa olahan mantan host program Chef Traveller di Trans TV tahun 2013-2014 lalu.  

Kali ini Chef Steby memasak 2 macam hidangan asin dan manis yaitu Semur Lidah Sapi dan Rice Cooker Pancake. Wah, terbayang ya kelezatannya? Tapi apa mungkin dalam waktu cepat bisa mengolah masakan berbahan dasar daging sekaligus memanggang pancake? 

Eitss, jangan insecure dulu bestie... 

Ternyata ada, lho, alat masak canggih yang multi fungsi. Chef Steby memasak Semur Lidah Sapi dengan menggunakan Tiara Pot Pro dan bikin pancake dengan Rice Cooker Donabe. Keduanya merupakan produk unggulan dari Polytron. 

Hmmm, penasaran kan dengan keunggulannya? Yuk kenalan dulu...

Tiara Pot Pro


Tiara Pot Pro merupakan alat masak regenerasi dari keluaran sebelumnya yaitu Tiara Pot Smart Multi Cooker. Dengan wajah barunya ini Tiara Pot Pro menjadi piranti favorit ibuk-ibuk yang hobi multitasking. Alat ini juga cocok untuk orang yang menyukai gaya hidup simpel living. 

Berikut keunggulannya : 

12-in-1 Function Cook. Tiara Pot Pro memiliki fitur 12-in-1 Function Cook sehingga semua orang bisa menjadi Chef profesional seperti Chef Steby. Acara memasak mengukus, bikin bubur, manggang kue, menanak nasi, bikin sup, daging presto, daging rebus untuk soto, semur, rendang hingga menumis sayuran dan bikin saus vide jadi lebih mudah.  

Design. Material Tiara Pot Pro terlihat kokoh dan berkualitas, terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Desainnya pun terlihat elegan dan inovatif karena dilengkapi dengan layar display dan lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat dengan mudah diketahui dari tampilan layarnya. 

Smart Steam Release. Pada bagian tutupnya terlihat sangat rapat. Pada bagian tutup juga dilengkapi dengan katup uap yang mudah ditutup untuk mengunci pot saat proses memasak dengan tekanan tinggi (presto) dan dapat melepas uap dengan cepat dan aman dengan menggeser katup ke posisi realese. Sehingga kita dapat dengan mudah mengatur berbagai tingkat kematangan. 




Chef Steby menyarankan, untuk memasak daging ayam cukup geser katupnya setengah saja, sedangkan untuk memasak daging yang alot maka katupnya diatur penuh. 

Worry Free Cooking. Seperti tadi saya jelaskan alat ini sangat memungkinkan kita mengatur dan meninggalkan proses memasak tanpa kuatir hasil masakan jadi gosong atau rusak. Selama proses memasak kita bisa mengerjakan hal lain misalnya disambi mencuci, nge-draft artikel bahkan menemani anak mengerjakan PR. Asik kan?

Faster Family Meal. Banyak keuntungannya bukan bila memasak dengan Tiara Pot Pro? Karena memasak 70% lebih singkat dan tentunya lebih hemat juga pemakaian gasnya. Dengan demikian anggaran rumah tangga bisa lebih ditekan. 

Jujurly, Tiara Pot Pro menjadi produk impian yang harus saya beli. Acara memasak jadi lebih praktis dengan adanya preset timer dan cooking timer (24 jam). 

Rice Cooker Donabe



Sering mengeluh nasi di dalam rice cooker menjadi keras, kuning dan bau? Nah kenalan yuk dengan Rice Cooker Donabe. Alat masak ini bukanlah rice cooker biasa. Produk ini mampu membuat nasi pulen seperti nasi Jepang. Sehingga biarpun lauknya sederhana tetap akan terasa lebih nikmat bila dinikmati dengan nasi pulen. Nah, apa sih rahasianya? 

Donaheat 3D. Teknologi ini memungkinkan pemanasan lebih merata dari 3 arah yaitu dari samping, bawah dan atas. Penyebaran panas yang merata membuat tekstur nasi menjadi lebih pulen, tidak terlalu lengket, lembut dan harum seperti nasi dari restoran Jepang. Teknologi ini juga mampu memaksimalkan kualitas makanan sehingga nasi tetap hangat, tidak berkerak, keras bahkan dijamin tidak kuning dan tetap enak dikonsumsi hingga 48 jam. 

Kapasitas Besar. Rice Cooker Donabe berkapasitas 2 liter, sehingga bisa untuk memasak nasi untuk sekitar 15 hingga 20 porsi orang dewasa. 




Ceramic Coating. Pada bagian dalam panci terbuat dari material ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Panci ini juga sudah pasti food grade sehingga aman dan awet digunakan sehari-hari. Sedangkan pada bagian luar aluminum cover trdapat elemen yang dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga mudah dibersihkan dan digunakan. 

3-in-1 Cooking. Rice Cooker Donabe memiliki pengaturan suhu yang modern yaitu fitur Defrost System. Ini adalah thermostat three in one yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. 

Masak Bareng Chef Steby

Namanya juga acara Live Cooking Demo, tidak sah rasanya kalau saya rahasiakan resep dari Chef Steby. 

Semur Lidah Sapi

1 potong lidah sapi
1,5 liter air dan 1 sdt garam untuk mempresto 

Bumbu halus :
2 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 2 kemiri sangrai, 1 cm jahe, 1/4 sdt pala bubuk

Bahan tumis :
1/2 bawang bombay
1 tomat
2 lembar bayleaf
5 biji cengkeh
1/4 sdt bubuk kayu manis
1 sdm kecap inggris
5 sdm saos tomat
6 sdm kecap manis
30 gram gula merah
garam, lada, gula pasir
500 ml air
air maizena

Pelengkap : 
1 buah kentang dikukus dengan kulit
1 buah wortel potong ukuran jari lalu kukus
100 gram kacang polong seduh air panas

Cara membuat : 
- Cuci bersih lidah sapi lalu presto menggunakan Tiara Pot Pro yang disett timernya selama 30 menit
- Angkat lidah sapi lalu kupas kulit lidah yang berwarna putih kemudian iris-iris sesuai selera. Sisihkan
- Buang air rebusan lalu letakkan kembali Tiara Pot Pro dan sett mode tumis
- Masukkan minyak dan tumis bumbu halus, tambhkan bayleaf, bubuk kayu manis dan cengkeh lalu tumis hingga harum
- Tambahkan kecap inggris, bawang bombay dan cincangan tomat tanpa biji hingga layu
- Tambahkan saos tomat, gula merah dan irisan lidah sapi lalu tumis selama kurang lebih dua menit
- Tambahkan air dan kecap manis lalu aduk rata
- Tutup panci Tiara Pot Pro dan pindahkan ke mode daging rebus lalu sett mode selama 10 menit
- Buka Tiara Pot Pro segera masukkan larutan maizena sambil diaduk hingga kuah mengental. 
- Tambahkan garam, gula pasir dan lada sesuai rasa.
- Sajikan Semur Lidah Sapi dengan bahan pelengkap

Rice Cooker Pancake

240 gram tepung protein rendah
2 1/2 sdt baking powder
375 ml susu segar
2 butir telur
2 sdm gula pasir
1 sdt vanilla essence
1 sdt ragi

Pelengkap : 
1 sdt minyak untuk mengoles rice cooker
30 gram mentega suhu ruang untuk olesan topping
8 buah strawberry potong-potong
beberapa lembar daun mint
80 ml madu
1 sdm icing sugar

Cara membuat :
- Panaskan Rice Cooker Donabe dalam posisi warm
- Campur semua bahan adonan hingga gula larut
- Masukkan adonan ke dalam Rice Cooker lalu tutup dan mulai proses masak
- Setelah 10 menit Rice Cooker akan beralih ke mode warm, diamkan selama 5 menit lalu tekan kembali mode memasak. Ulangi proses ini sebanyak 2 kali lagi (total memasak 45 menit)
- Setelah matang angkat panci Rice Cooker, letakkan piring terbalik di atasnya lalu balik panci Rice Cooker 
- Oles seluruh permukaan pancake dengan mentega dan topping sesuai selera yaitu strawberry, daun mint, icing sugar dan madu

Melihat langsung proses memasak dengan menggunakan Tiara Pot Pro dan Rice Cooker dari Polytron saya makin mupeng membeli kedua piranti masak canggih ini. Terkesan sedikit mahal tapi jika dibandingkan banyaknya perabot yang harus dibeli maka memiliki kedua alat ini tetap jauh lebih efisien dan hemat. 




Selain itu, dengan adanya alat masak ini membuat kita jadi lebih punya banyak waktu bersama keluarga. Urusan masak, serahkan pada asisten baru saja yaitu Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe. Setuju? 

23 komentar

  1. Yuhuuy panecakenya enak, yuk mbak, bikin yuk.
    Pengin banget euy beli Tiarapot , kita bisa masak enak tanpa ribet, dan dapur nggak kayak kapal pecah.

    BalasHapus
  2. Semakin lengkap ya alat masak Polytron ini saya tertarik sama Tiara pot yang bisa memasak ragam cara pengolahan dengan satu kali tekan hehehe pastinya lebih praktis ya mbak

    BalasHapus
  3. Mupeng lihat rice cookernya, fiturnya lengkap design nya kerennn
    Tapi penasaran pingin beli Tiarapot Pro, terlebih produk Polytron
    Brand jaminan mutu ini mah

    BalasHapus
  4. wah mesti beli nih aku mba, hihi biar serasa masterchef bisa berkreasi bikin makanan-makanan enak buat anak tersayang

    BalasHapus
  5. Pancakenya ekstra fluffy yah mbak.. Tiara Pot Pro ini bisa jadi bestie bu ibu zaman now, fiturnya lengkap banget

    BalasHapus
  6. Tiara Pot Pro-nya asli bikin mupeng, Mba :D Kebayang bisa masak enak-enak sambil nyantai, nyambi nulis atau ngeblog gitu...

    BalasHapus
  7. TIARA POT PRO menggiurkan sekali ya hahahaha. Langsung membayangkan 12 fungsi ada di 1 alat tuh rasanya takjub banget. Bener-bener cocok untuk yang multitasking atau sibuk dengan berbagai tanggung jawab. Keren banget POLYTRON. Inovasinya benar-benar kekinian dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta teknologi kekinian

    BalasHapus
  8. Saya kepengen coba bikin Pancake Rice Cooker jadinya karena itu makanan kesukaan anak-anakku banget. Apalagi sekarang nenek buyutnya mereka juga tinggal bareng kami, jadi pengen baking-baking lagi karena si nenek hanya bisa makan-makanan lembut.

    BalasHapus
  9. Saya juga nih kak, drama emak bekerja malemnya motongin bumbu dan sayuran nyuci piring. Paginya tinggal ngolah yaa...
    harus pinter2 bagi waktu 😁

    BalasHapus
  10. Wah ada Rice Cooker khusus pancake, Polytron inovasinya keren bet. Aku naksir Tiara Pot Pronya mba. Bikin acara masak jadi sat set banget deh, tombolnya banyak pilihan masakannya. Lagi otw nabung untuk memiliki

    BalasHapus
  11. Rice cooker produk Polytron satu ini membantu memasak keluarga Indonesia

    BalasHapus
  12. Tiara Pot Pro emang idaman ibu rumah tangga nih. Masak memasak jadi makin mudah dan praktis. Tanpa perlu nyalakan kompor ya. Makanan pun semakin cepat disajikan

    BalasHapus
  13. Seneng banget punya Tiara Pot ini.
    Urusan masak memasak gak bakal ribet lagi, tapi jadi lebih bersemangat karena praktis dan tidak lama ya

    BalasHapus
  14. Aku jadi naksir sama rice cooker yg putih. Enak juga kalau bisa menjamin nasi pulen

    BalasHapus
  15. Mbaaaa ini alat² masaknya sungguh fantastis, bener² ngebantu mamak uprek2 d dapur


    Aseliikk pingin punyaaaa, ntar mau recook juga ah.

    Makin assoy geboyyy

    BalasHapus
  16. wah jadi penasaran nih sama produknya soalnya aku mau cari cari perlengkapan masak elektronik juga makasih rekomendasinya Mbak nanti aku cari tsu lebih lanjut

    BalasHapus
  17. Wah iya Mba nasi kadang jadi kering dan kuning kalau kelamaan. Saya jadi pengen beralih ke ricecooker Donabe by Politron. Enak banget itu kayanya ya Lidah Sapi ama dessertnya. Jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  18. Kalau beli Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe dapat buku resep gak ya..?
    Hehhee, soalnya aku seneng bingung bumbu tapi beneran sih yaa.. dengan peralatan masak yang secanggih ini, memasak jadi menyenangkan dan hemat gas.

    BalasHapus
  19. Kebayang dongg seberapa praktisnya hidup emak kalau pakai tiara pot dan rice cookernya. Banyak waktu bisa dihemat, jadi me time bertambah deh hehe.

    BalasHapus
  20. Masak jadi lebih praktis ya mba kepingin punya Juga apalg harga masih promo... Hemat waktu Dan hasil masakan Juga jadi enak ya

    BalasHapus
  21. Pancake ama Lidah Sapi keliatannya Yummy banget nih. Ternyata bisa lebih praktis bikinnya pakai ricecooker dan Tiara Pot dari Polytron. Masak jadi lebih mudah dan bikin happy nih

    BalasHapus
  22. ga sia sia yaaa sis, datang ke acara Polytron ini, walau telaaat yooooo
    tapi gapapa, yang penting bisa hadir dan ikutan masak masak pake resep chef ganteng

    BalasHapus
  23. Chefnya ganteng. Wkwkwkw. Mau rice cookernya dong. Masak nasi pasti pulen.

    BalasHapus