Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk Raup Cuan Melalui Budidaya Jamur Tiram

Olahan jamur tiram (sumber : pixabay) 

Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk raup cuan melalui budidaya jamur tiram? Gimana bisa, jamur tiram kan tumbuhnya di wilayah yang bersuhu dingin seperti pegunungan?

Yes, siapa yang suka masakan olahan dari jamur tiram? Ya, jamur tiram merupakan komoditi pertanian yang banyak disukai masyarakat. Kreasi makanan dari jamur tiram ada banyak sekali. Mulai dari pepes, oseng-oseng hingga camilan jamur krispi. 

Jamur tiram memiliki tajuk menyerupai tiram, berwarna putih, berkelopak lebar dan bergerombol seperti payung. Rasanya yang enak dan mengandung vitamin, mineral dan protein tinggi, jamur tiram juga berkhasiat menurunkan kolestrol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Budidaya jamur tiram tidak membutuhkan perawatan rumit. Asyiknya lagi, setiap hari jamur tiram bisa dipanen setelah masa tanam satu bulan. Seperti halnya cabe, untuk satu pohonnya, jamur tiram bisa dipanen sebanyak 5 sampai 8 kali. Setelah masa panen habis sisanya masih bisa dijadikan kompos. Banyak lho yang cari. Artinya masih bisa dijadikan uang lagi kan? 😍

Dengan demikian jika dihitung-hitung omzetnya tidak tanggung-tanggung. Sehingga tak salah bila jamur tiram disebut memiliki peluang yang baik untuk dibudidayakan dan dijadikan bisnis. 

Potensi Kampung Berseri Kebon Jeruk 

Banyak yang mengira jamur tiram mudah berkembang biak di suhu yang dingin seperti pegunungan. Mungkin karena idealnya jamur tiram tumbuh dalam ruangan bersuhu 16-24 derajat celcius.Tak heran untuk kebutuhan pasar kota Jakarta, umumnya petani jamur tiram memasok langsung dari pusatnya di daerah Puncak, Bogor. 

Tapi siapa sangka, di kawasan tempat tinggal saya di Jakarta Barat, ada lho  kawasan yang merintis budidaya jamur. Namanya Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk. 

Ibu-ibu petani jamur tiram binaan Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk (sumber : instagram @kba_kebonjeruk) 

KBA Kebon Jeruk adalah salah satu dari 76 Kampung Berseri Astra yang ada di seluruh Indonesia. Ini merupakan program CSR yang diinisiasi Astra Group untuk mengembangkan kampung agar terwujud wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sejalan dengan visi misinya Kampung Berseri Astra menyediakan fasilitas serta mencanangkan beberapa kegiatan pembinaan yang mengacu pada 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan. Empat pilar tersebut meliputi sektor kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan dalam satu lingkungan kampung. 

Secara berkelanjutan Astra group mensupport masyarakat melalui pendampingan, pelatihan serta bantuan sarana dan prasarana penunjang program. 

Setiap Kampung Berseri binaan Astra memiliki program berlainan yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan wilayahnya. Di Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk menitikberatkan pada gabungan ke empat sektor pertanian, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan tadi.

Di sektor pertanian, Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk menitikberatkan pada budidaya jamur tiram. Sejak dari proses pembenihan, penyiraman, panen dan raup cuan. 

Di sektor lingkungan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penampungan air hujan dan pengelolaan kompos dari hasil olahan sampah termasuk ampas jamur tiram yang sudah mati untuk dijadikan pupuk. Pupuk ini nantinya dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman di lingkungan Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk. 

Tanaman toga Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk (sumber : instagram @kba_kebonjeruk) 


Masyarakat juga diajak menanam tanaman herbal di sekitaran rumah dimana rimpangnya bisa diolah untuk jamu-jamuan, seperti beras kencur, empon-empon, gula asem, kunyit asem, bir pletok dan lain-lain. Tentunya dengan kemasan dan label menarik di setiap kemasannya jamu-jamuan ini berpotensi menghasilkan cuan. 

Untuk meningkatkan ketahanan pangan mandiri masyarakat bisa memanfaatkan kolam untuk budidaya lele dan ikan nila serta tanaman toga seperti kangkung, cabe, sawi hijau dan selada amira. Bila berlimpah boleh dijual agar mendapatkan pemasukan. 

Tak hanya itu, pengelolaan bank sampah juga menjadi fokus Kampung Berseri Astra Kebon Jeruk. Masyarakat dapat memilah jenis sampah berupa barang bekas dan botol-botol plastik bekas untuk disalurkan ke bank sampah emas. Dalam pengelolaan sampah bernilai jual masyarakat juga diajak berkreasi membuat aneka kerajinan tangan seperti seni decoupage untuk mendapatkan penghasilan lain. 

Pengelolaan Bank Sampah (sumber : Instagram @kba_kebonjeruk) 


Jiwa wirausaha masyarakat semakin tumbuh subur. Kini jamur krispi dan nasi bakar olahan warga setempat bisa dinikmati masyarakat luas. 

Implementasi Kampung Berseri Astra dalam menaikkan kualitas hidup masyarakat terbukti sangat berperan dalam pembangunan bangsa. Hal ini sejalan dengan pembangunan berkelanjutan desa-desa berpotensi di seluruh Indonesia. 

Sebagai bangsa yang tangguh dan tahan banting sudah semestinya kita saling bergandengan tangan dalam mencapai satu tujuan. Terbukti bangsa kita tangguh menghadapi masa pandemi dan berbagai ujian lain. Ke depan masa resesi tidaklah perlu dikuatirkan. 


Tidak ada komentar