Jangan Lupa! Inilah 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

 



Seperti halnya punya pasangan yang harus dirawat, motor juga harus dirawat. Pesan ini saya dapatkan dari suami yang notabene paling ati-ati merawat motornya hehee... 

Yes, mungkin diantara teman-teman sudah seringkali mendengar stigma soal perempuan taunya cuma makai motor aja, alias gak bisa merawat. Atau bahkan jangan-jangan salah satu dari kita memang jadi pelakunya. Taunya cuma ngisi bensin aja? Hmmm.. 

Motor adalah kendaraan paling fleksibel buat mengantar kita ke mana-mana. Buat yang tinggal di lokasi padat, motor sangat membantu menyingkat waktu sampai di tujuan. Agar awet tentu kita harus rajin mengecek secara rutin di bengkel. Siapa tau ada sparepart yang perlu diganti atau di service.

Biasanya motor perlu diservice bila sudah mencapai jarak tertentu. Sebelumnya oleh mekanik akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Bagian yang dicek meliputi pemeriksaan saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

Jangan lupa, inilah 8 bagian yang wajib dicek saat service motor :

1. Oli Mesin
Oli mesin adalah hal vital yang harus teman-teman ingat selalu. Berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin yang bakal habis dan mengering maka oli harus diganti secara rutin sesuai jarak tempuh yang tercapai.

Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli di atas 2500 Km. Besar biaya yang perlu teman-teman bayar untuk ganti

Oli motor matic meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli



2. Oli Gardan
Yang gak kalah penting diperhatikan oleh pengguna motor matic yaitu wajib rutin ganti oli gardan atau oli samping.

Kenapa begitu? Biasanya orang suka lupa ganti oli gardan karena waktunya gak sesering ganti oli mesin. Idealnya, pakai rumus 2x ganti oli mesin kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Oli gardan sangat penting kehadirannya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Sehingga ketika komponennya saling bergesekan tapi sudah dilumasi oli gardan menyebabkan komponen tidak cepat rusak.

Memang sih risiko kerusakannya jarang terjadi karena letaknya yang jauh dari ruang pembakaran. Tapi kalau oli gardan sudah kotor dan tidak segera diganti maka CVT motor bisa rusak dan berakibat turun mesin.

3. Busi
Busi adalah part atau bagian kecil di motor yang berfungsi sebagai pengapian. Jika busi tak berfungsi baik, maka motor sulit dinyalakan sehingga busi harus diganti.

Oiya periode penggantian busi gak bisa ditetapkan waktunya. Kapanpun bisa saja. Intinya kalau motor tidak bisa dinyalakan kemungkinan besar masalahnya adalah busi.

4. Kampas Rem
Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah
satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem
pengereman.

Inilah alasan terpenting untuk mengecek dan mengganti kampas rem secara berkala agar kondisi kampas rem bisa selalu bekerja secara optimal.

Jika kondisi kampas rem habis atau menipis, maka bisa menyebabkan tenaga kampas jadi berkurang memberikan tekanan (rem kurang pakem) sehingga berisiko tabrakan.

5. Filter Udara
Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan
sampai ada kotoran yang masuk yang kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Sebelum mekanik memutuskan untuk mengganti filter udara biasanya mekanik akan mengecek terlebih dulu kondisi filter udaranya, apakah cukup hanya dibersihkan aja.

6. Aki atau Accu
Kita semua harus tau tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan aki gak sesuai, atau ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mekanik harus melakukan pemeriksaan detail sebelum memutuskan ganti aki.

7. Ban
Pemeriksaan ban juga sangat penting dan perlu dilakukan secara berkala karena menyangkut dengan keselamatan berkendara.

Saat Service motor mekanik biasanya akan memfokuskan pemeriksaan pada permukaan ban (gundul atau tidak), dan pengecekan kondisi tekanan udara di dalam ban.

8. Tune up Motor Rutin
Untuk terus mendapatkan performa terbaik dari sepeda motor, pemilik motor bisa melakukan tune up motor.

Tune up motor adalah salah satu cara dalam proses pengembalian performa motor ke kondisi standar. Ibaratnya disetel ulang ke setelan default hehehe...

Mekanik akan melakukan pemeriksaan semua komponen,terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator
(saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Penting diketahui yang namanya tune up atau pemeriksaan menyeluruh mungkin saja akan disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart.

Namun teman-teman gak perlu kuatir. Biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu apa saja yang harus di service dan diganti. Kalau teman-teman setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik
Untuk mendapatkan servis yang bagus, tentu saja teman-teman harus mencari bengkel servis motor yang bisa dipercaya.

Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, teman-teman bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Jadii, servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Servis ini berfokus pada pemeriksaan dan perbaikan terutama pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Service motor rasa baru bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat. Keuntungan bagi pengguna motor bila melakukan servis rasa baru biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat.



Berikut Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban
1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan  performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

2. Saat service di Planet Ban umumnya mekanik akan menawarkan penggantian sparepart baru bila kondisinya sudah tidak layak. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart original maka pemakaian kendaraan menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikannya enteng.

3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja atau antara 4 hingga 6 bulan. Hal ini jelas menguntungkan dari segi waktu karena teman-teman tidak perlu sering-sering ke bengkel. Dengan demikian biaya servis jadi lebih hemat.

4. Dengan merawat motor sama artinya telah erkontribusi memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban 
Gak bisa dimungkiri yang namanya servis motor perlu ketelatenan dan kesabaran si mekanik. Kalau tidak telaten alih-alih bersih, kotoran, debu, dan sisa pembakaran masih banyak yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor.

Bahkan sering pula ditemukan masih ada kotoran dan debu di blok CVT sehingga membuat tarikan motor jadi terasa berat.

Jika teman-teman melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan sampai kinclong.

Bahkan part sulit seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dibersihkan optimal. Mulai dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga suara mesin menjadi lebih halus, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Gak bakal nyesel service motor di Planet Ban, karena udah bikin motor seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Dengan motor yang terawat maka dalam jangka panjang penggunaan motor bisa lebih awet. Terutama bagi sepeda motor berusia diatas 3 tahun.

Btw untuk service motor di Planet Ban yang selengkap ini harganya terjangkau banget. Nih saya spill ya, untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,-. Gimana, terjangkau kan?

Yang gak kalah penting service Throttle body juga cuma Rp20.000,- Gak mau kan gegara throttle body kotor dan karatan menyebabkan beberapa gejala, seperti sulit hidup, tersendat, idle tidak stabil, konsumsi bahan bakar meningkat, dan lampu check engine menyala.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa aja yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali motor diservis?

Better segerakan yuk service motor sebelum kerusakan semakin menjadi dan menyebabkan motor jadi rongsokan belaka. Ke Planet Ban aja yuk untuk urusan service motor dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Service yang ramah kantong dan ramah lingkungan.

22 komentar

  1. Biaya servis itu termasuk murah ya mbak dan yang penting memang oli motor harus prioritas ganti rutin karena bisa berdampak ke keawetan mesin

    BalasHapus
  2. Motor adalah solusiku buat menempuh perjalanan lebih cepat. Biar perjalanannya tetap lancar apalagi kalau dikejar waktu, perawatan motor emang penting ya, Mak

    BalasHapus
  3. Oli motor, rem dan ban itu yang selalu diperiksa suami sebelum kami bepergian. Secara kemanapun kami emang mengendarai motor.
    Alhamdulillah kalau service di planet ban, tenang dan terjangkau. Tenang karena mekaniknya baik dan teliti, terjangkau karena emang di bawah harga 50 ribu

    BalasHapus
  4. Servisnya juga kudu diperhatikan berarti ya mbak. Sehingga memang perlu nih punya wawasan bagian motor yg kudu diservis

    BalasHapus
  5. Yup.. Service motor adalah salah satu kewajiban juga ya.. Jadi kita harus merawat motor dgn maksimal salah satu servis di planet ban yg sdh terbukti hasilnya memuaskan banget

    BalasHapus
  6. Manfaat banget nih mbak artikelnya. Aku motor di rumah ada, yang lebih sering pakai anak. Tetapi banyak hal yang kurang diperhatikan dalam merawat motor
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  7. Aku paling engga berani ke bengkel loh untuk servis motor atau mobil. Takut ditipu karena aku cewek. Hum...baca artikel ini jadi ngerti deh tiap komponen motor yang perlu diservis. Btw...murah juga ya cek dan servis motor di Planet Ban...

    BalasHapus
  8. Klo saya taunya terima bersih kalau service motor. Ngga paham deh, yang penting dibersihin dan ganti oli mesin dan gardan.

    Tapi untuk yang lainnya biasanya montir yang lapor ini itu kudu diganti.

    Smoga planet ban segera ada di Medan, tergiur sama murahnya

    BalasHapus
  9. Anakku banget nih
    Gak bisa lihat sepeda motor terlambat di service
    Kalo pulang langsung ke garasi dan ke Planet Ban
    Karena layanan Planet Ban paling oke

    BalasHapus
  10. Anakku banget nih
    Gak bisa lihat sepeda motor terlambat di service
    Kalo pulang langsung ke garasi dan ke Planet Ban
    Karena layanan Planet Ban paling oke ^^

    BalasHapus
  11. Manfaat rutin servis motor banyak ya...apalagi kalau servisnya di Planet Ban, servis motor rasa baru, performa motor terjaga, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat nantinya.

    BalasHapus
  12. Minggu lalu habis antar anak lanang servis motor di Planet Ban. Montirnya trampil dan cekatan. Biayanya juga reasonable. Ruang tunggunya lumayan juga sih...

    BalasHapus
  13. Wah gila sih di planet ban servicenya gak kaleng-kaleng padahal biaya servisnya gak mahal. Kaget banget pas baca kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, sampai throttle body, semuanya dibersihin sampai kinclong.

    BalasHapus
  14. Naik motor kemana-mana bikin mobilisasi gercep.
    Biar motor selalu satset, kudu perawatan rutin di Planet Ban. Bahagia banget karena Planet Ban ada di mana-mana d Bandung.

    BalasHapus
  15. Daftar yang diperhatikan saat menservis motor cukup panjang ya. Saya baru tahu. Kalau di bengkel besar seperti Planet Ban pastinya ada daftar yang perlu dilist dulu sebelum diambil tindakan, ya.

    BalasHapus
  16. Urusan ganti oli ini memang perlu ketelitian biar nggak kelewat waktunya dan malah berakibat bikin kendaraan jadi bermasalah. Papaku sering bawel banget soal urusan merawat kendaraan begini ke anak laki-lakinya (soalnya anak perempuan nggak dikasih punya kendaraan sendiri sama beliau). Asiknya, Planet Ban ini banyak cabangnya dan seringnya lokasinya nggak jauh dari kawasan pemukiman. Murah dan dekat juga kalau mau service si roda dua.

    BalasHapus
  17. Jadi inget kaan, kalau aku mau ke Planet Ban tapi lupa lupa terus. Udah saatnya ganti oli nih..
    Dan musti aku inget juga nih 8 hal yang kudu diperhatikam saat ke Planet Ban nanyi..

    BalasHapus
  18. Nah ada kejadian nih pernah mogok motor di jalan pas dibawa kebengkel olinya bocor donk hiks jadi kapok deh ga lagi males service motor ,,

    BalasHapus
  19. Bagian-bagian penting itu, bagian yang vital bagi motor. Kalau gak diperhatikan, bisa membuat motor jadi gak awet y

    BalasHapus
  20. Iya mbak gak lupa deh, dengan perawatan motor secara paripurna dari planet ban, mesin motor awet dan insyaAllah aman di jalanan ya

    BalasHapus
  21. Wow, hari ini ketemu beberapa teman yang juga bercerita tentang pentingnya service sepeda motor secara teratur. Iya donk, kan sepeda motor itu ibarat kaki kita dalam melangkah mencapai tujuan yaaa? Jadi kudu dirawat sepenuh hati, dan ini Planet Ban memang sudah teruji kompetensinya ya, Mba? Banyak teman2ku yang merekomnya.

    BalasHapus
  22. Sekarang di Planet Ban udah bisa service motor ya. Harganya selain terjangkau, pengecekan dan penggantian sparepart dilakukan secara menyeluruh. Mantap dah. Emang penting banget service rutin untuk performa yang maksimal dan menghindari hal tidak diinginkan terjadi pada kendaraan kita.

    BalasHapus