Lembutnya Rib Eye Special Steak, Steak Bakar Beneran di Obonk Steak Bogor


Setelah di Yogyakarta dan Medan, Obonk Steak & Ribs kembali membuka cabang di Bogor, Jawa Barat. Terletak di sudut yang menghubungkan Jl. Heulang dan Jl. Dadali  Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor lokasi ini menjadi destinasi tambahan menarik untuk kulineran di Bogor terutama bagi pecinta daging / steak,  yeayy!!!

Saya berkunjung ke Obonk Steak & Ribs Bogor beberapa hari lalu tepatnya Senin 14 Agustus 2023. Bareng teman-teman Blogger Crony kunjungan kami  bersebelas tak lain untuk icip-icip steak dengan kualitas yang baik. Hmm orang spesial pantas mendapatkan yang spesial ga sih? Hehehe


Bagaimana tidak spesial? Daging adalah hidangan mewah yang gak setiap hari bisa dinikmati. Menikmati potongan daging empuk dan juicy dengan saus khas Obonk yang dioleskan pada daging membuat saya makin penasaran dengan kelezatan citarasanya yang sudah jadi buah bibir.

Saya mendengar restoran ini baru saja dibuka setahun yang lalu. Menurut Manager Outlet, mas Langgeng, The Obonk Steak & Ribs sudah ada sejak 1990 dan 2000. Namun, sempat vakum dan baru kembali dimulai pada 4 Desember 2020 di Yogyakarta dan di Medan, hingga menyusul di Kota Bogor pada 6 Juni 2022 lalu.



Btw Obonk sendiri masih satu perusahaan dengan Warung Steak and Shake dan Bebek Goreng H. Slamet by Waroeng Group. Pendirinya bernama Jody Broto Soeseno. Ia merupakan anak Soegondo yang merintis The Obonk Steaks di Yogyakarta tahun 1997 lalu. Jadi gak ke mana-mana pemiliknya, masih satu keluarga.

Pada awalnya peruntukan target menyasar kelas mahasiswa dan menengah ke bawah. Saya sempat beberapa kali, nih, mencicipi lezatnya fillet ayam yang dibalut tepung dan digoreng krispi lalu disiram saus barbeque. Disajikan dengan kentang, buncis dan wortel rebus di atas hot plate, makan steak sudah terasa mewah bagi saya.



Jujurly menjajal menu di sini saya lumayan bingung dengan berbagai jenis daging steak yang tersedia. Mulai dari tenderloin dan sirloin lokal maupun impor dari Amerika dan Australia. Kemudian, ada juga ribs atau iga sapi yang diolah dengan bumbu khas The Obonk. Tak ketinggalan ada Wagyu meltique impor. Wuihh enak-enak semua!

Selain daging sapi, Obonk Steak juga menyediakan steak salmon, dori, dan ayam. Lengkap dengan kentang, pendamping lainnya seperti nasi, sayuran lengkap dan spaghety kesukaan anak-anak juga tersedia.

"Yang membedakan steak kami dibakar sungguhan mengunakan api dari areng, jadi tidak mengunakan listrik atau kompor.” kata mas Langgeng.

Ohh beneran baru ngeh. Ternyata nama "obonk" berasal dari bahasa Jawa "kobong" yang memiliki arti terbakar.

Obonk Rib Eye Special, Dome Brownie, Milk Shake Vanilla

Finally saya memilih main menu Obonk Rib Eye Special,  minumannya Milk Shake Vanilla dan dessert Dome Brownie.

Karena masih belum jam makan siang maka tidak butuh waktu lama pesanan saya datang untuk disajikan. Yeayy!!!


Obonk Rib Eye Spesial  Rp 163.636
Rib Eye adalah bagian daging sapi yang berasal dari tulang iga atau tulang rusuk yang juicy dan paling lembut. Bagian ini menjadi primadona steak selain sirloin dan tenderloin. 

Untuk harga, menurut saya Rib Eye dan Tenderloin harganya lebih mahal dibandingkan bagian Sirloin. Akan tetapi bagian Tenderloin tidak memiliki serat atau otot di dagingnya sedangkan Rib Eye lebih berlemak dan juicy sehingga lebih beraroma. 

Dengan lemak di bagian tengah seperti mata, daging bagian ini menjadi rekomendasi dari saya bagi teman-teman yang punya gigi sensitif atau goyang. Empuk banget ya Lord. 

Rib Eye Steak Special khas Obonk pesanan saya disajikan dengan menggunakan daging import yang disajikan dengan potato wedges dan  mix vegetables di atas piring. Tingkat kematangannya saya memilih level medium. 

Baydeway untuk steaknya sendiri kita bisa memilih tingkat kematangan mulai dari rare (20%), medium rare (40%), medium (60%), medium well (80%) dan welldone (100%). Hanya sekedar saran semakin tinggi tingkat kematangan tentu dagingnya akan semakin alot, karena semakin matang maka kadar airnya semakin berkurang. 



Disajikan di atas Hot Plate citarasa ribs eye special Obonk di lidah sangat luar biasa. Dagingnya sangat empuk sehingga mudah diiris. 

Paduan rasa asin, manis, gurih, dan kelembutan daging rib eye begitu kompak. Seperti saling mengikat. Pelan tapi pasti daging tebal berukuran 200 gram dan potongan kentang goreng, tumisan wortel, jagung dan kacang polong yang beraroma panggangan arang  tandas dari piring saya hihihi...

Milk Shake Vanilla Rp 27.273
Sambil ngobrol bareng teman-teman saya menyeruput minuman yang saya pesan yakni Milkshake Vanilla. Aroma vanilla nya samar-sama. Susu dan rasa manisnya justru cukup pekat untuk lidah saya yang kurang suka manis-manis. Tapi masih bisa ditoleransi, koq. 



Next sepertinya saya harus mencicipi minuman bersoda sebagai pendamping steak untuk makan siang. Rasa asam segarnya mungkin bisa memberikan sensasi after taste yang unik dan membersihkan langit-langit mulut dari sisa lemak.

Beda lagi kalau rencananya datang malam. Sepertinya minuman kopi lebih cocok deh.

Dome Brownie Rp 31.818
Sebagai hidangan penutup, waiter yang bertugas menghampiri meja saya. Ia menanyakan apakah pesanan saya Dome Brownie bisa disajikan sekarang?

Saya segera mengangguk. Wah top sekali layanannya. Pengunjung diberi kesempatan untuk menikmati hidangan utamanya baru dessert. Mungkin dikuatirkan dessert yang mengandung ice cream mudah mencair, sehingga tidak cukup enak dinikmati lagi.


Dome Brownie adalah sejenis brownies coklat yang diisi dengan ice cream strawberry. Bentuknya bulat dan ada dome atau kubah di bagian atasnya. Ukurannya sekitar sekepal tangan saya. Waah lumayan besar juga ya.

Saat dihidangkan Dome Brownies masih terasa hangat. Saya pun segera mengambil sendok kecil untuk memecahkan dome. Yess, ini adalah suatu keisengan yang sangat lucu. Ketika saya pukul pelan bagian dome hingga pecah, ice cream di dalamnya ikut mencair. Persis seperti lava yang mengalir.

Untuk rasanya saya sangat suka. Browniesnya padat, manisnya sedang dan aroma coklatnya sangat serasi dipadukan ice cream strawberry yang segar.


So far saya suka banget lunch di Obonk Steak & Ribs Bogor. Karena semua pilihan ada di tangan kita. Jenis daging steaknya beragam baik lokal maupun import. Seperti Sirloin, Tenderloin, Chicken, Chicken Pepepr, T-Bone, Blackpepper, Tenderloin Pepper, Rib's, Rib's eye, Hot Tuna, Cumi, Gindara, Obonk. Selain itu ada menu Crispy lan Hot Plate seperti Beef Crispy, Chicken Crispy, Chicken Cheese, Mix Crispy, Double Crispy dan Tender Pepper.

Yuk tunggu apa lagi? Obonk Steak & Ribs Bogor buka tiap hari dari pukul 11.00 hingga 21.30 WIB.

9 komentar

  1. Siap meluncur dari Cianjur kalau udah pasti undangan nya hihi ...
    Btw, pesan steak di Obonx bisa tambah nasi gak? Wkwkwkwkkk... Urang Sunda mah belum makan kalau belum ngunyah nasi hihi...

    BalasHapus
  2. Lihat ini aku jadi pengen makan steak jadinya mba 😂. Tapi sayangnya steak Obonk Steak & Ribs Bogor ini blum ada di Batam ya. Aku tu suka takut klo mu jajan makanan di Batam itu. Soalnya udah mahal trus bnyak yg kurang enak menurut aku. Beda ama jajanan yang di jabodetabek ama di bandung. Itu lebih bervariasi dan bnyak yang enak. Oh ya berarti Obonk Steak & Ribs Bogor ini masih saudaraan ma bebek goreng h slamet itu. Soalnya bebek slamet emang terkenal ya dan memang enak juga bebeknya. Jadi aku tahu

    BalasHapus
  3. Banyak ragam pilihan daging steak nya ya mbak. Wah bisa banget nih jadi rekomendasi nikmat kala ke Bogor, jadi sekalian mampir menikmati

    BalasHapus
  4. Kangeeen makan di Obonk Steak & Ribs.
    Aku lupa tapinya, cabang Obonk di Bandung dimana yaa..
    Beneran seenak itu yaa.. Steak & Ribs-nya. Dan sajian menu lainnya yang bisa dinikmati bersama sahabat, ini beneran tempat kumpul yang asik. Apalagi pas malming giniih..

    BalasHapus
  5. Menu steaknya tampak enak sekali mbak. Wow nyam nyam pengen jua.

    Btw, steak Obonk ini ngingetin aku di tahun 2000an hingga 2010 yang sering aku mampiri di jalan Raya Serpong arah Alam Sutera, tempatnya pinggir jalan. Namanya sama persis. Jangan-jangan resto steak yang sama ya. Sejak di BSD udah banyak tempat makan steak enak, aku jadi ga pernah lagi ke sana, dan ga merhatiin juga masih ada atau gak. Kalau masih, jadi pengen mampir ah, sekalian nostalgia kala masih pacaran, baru nikah, hingga punya anak kecil-kecil pernah makan steak enak di Obonk.

    BalasHapus
  6. auto ngeces bacanya
    Sayang belum buka cabang di Bandung, kalo ada bakal langsung nyerbu deh
    Karena udah beberapa kali ke Warung Steak and Shake dan Bebek Goreng H. Slamet dan rasanya nagih banget

    BalasHapus
  7. Wah, asik banget bisa lunch di Obonk Steak & Ribs Bogor ini
    Pilihan daginya banyak ya
    Kita bisa pilih sesuai keinginan

    BalasHapus
  8. Wah, baru tahu kalau rib eye tuh empuk banget yah. Cocok nih, aku kalau makan daging yg alot, auto nyelip di gigi. Hiks...Semoga segera buka di Bandung nih...

    BalasHapus
  9. Wah..beda sama steak sebelah yang dibakar di kompor atau listrik..kalau Obonk Steak & Ribs diobong langsung pakai arang, pasti harum dan rasanya spesial sespesial yang lagi makan. Yeay, makin meluas cabangnya ya.kini ada di Bogor juga!

    BalasHapus