Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih Ajak Konsumen Merdekakan Senyum Para Pemulung

Kata orang seulas senyuman akan terlihat dari mata. Meskipun ditutupi masker atau bantal sekalipun but you can see a smiling through the eyes, eyaaa 😍 

Yes, tersenyum memang kesannya sederhana. Hanya menarik ujung bibir ke atas, dan taraaa terbentuk deh seulas senyum. Tapi siapa sangka kalau dampaknya luar biasa. Tak hanya memberi kenyamanan pada diri sendiri senyum yang dipancarkan juga dapat menyenangkan orang lain. Masya Allah, berkah bukan? 

Ada banyak cara untuk membuat orang lain tersenyum. Salah satunya dengan memerdekakan senyum para pemulung. Kita tau gimana beratnya kehidupan mereka sehari-hari apalagi di masa pandemi begini. Padahal peran mereka sebagai pejuang sampah sangat nyata. Bekerja dalam sunyi mereka berhadapan dengan timbunan sampah setiap hari. Kalau ga ada mereka, siapa lagi yang mau mengurai permasalahan sampah kita? 



Dalam peluncuran virtual Pepsodent pencegah gigi berlubang edisi spesial merah putih pada Senin, 10 Agustus 2020 lalu, ibu Nurdiana Darus - Head of Corporate Affairs & Sustainable Unilever Indonesia menyampaikan fakta kalau akibat pandemi ada lebih 4 juta pemulung kehidupannya terpukul hebat. Dari sisi kesejahteraan penghasilan mereka berkurang drastis dengan menurunnya harga jual sampah. Tapi di sisi lain risiko mereka terpapar virus Covit-19 juga sangat tinggi akibat bersentuhan dengan timbunan sampah yang mereka hadapi dari hari ke hari. 

"Sudah sepatutnya kita memfasilitasi mereka dengan perlindungan diri yang memadai sehingga mereka dapat terus berkontribusi sembari memenuhi kebutuhannya sendiri untuk menyambung hidup," jelasnya. 

Hal senada juga diucapkan M. Alfatih Timur - CEO Kitabisa.com yang biasa dipanggil mas Timi. Beliau mengatakan pekerja informal seperti pemulung seringkali luput dari perhatian kita. Padahal nyatanya kita lho yang butuh mereka.  

Ia mengingatkan, di masa pandemi begini, sampah masker pasti tak terhitung lagi jumlahnya. Setiap habis pake masker kita tinggal buang aja. Tapi taukah kemana sampahnya dibuang? Nah, di pusat pembuangan akhir Bantar Gebang, di situlah para pemulung mau ga mau harus berhadapan dengan timbunan aneka sampah, salah satunya masker. 

Yang memprihatinkan dibalik sampah masker yang kita buang ada sosok seperti bu Sumi. Boro-boro memikirkan protokoler kesehatan,untuk melindungi dari dari paparan virus covit-19 ia terpaksa hanya mengenakan kain lusuh yang dililitkan untuk dijadikan masker. Sepatu boot untuk melindungi diri dari pecahan beling ataupun risiko kesehatan lainnya bahkan tidak mampu dibelinya.

Huaaa, mata saya langsung berkaca-kaca membayangkan saya yang masih memiliki pilihan untuk menjaga kesehatan dengan bekerja di rumah saja. Sedangkan mereka? Tidak ada pilihan lagi. Mereka tetap harus mencari nafkah dan bersentuhan dengan risiko terpapar virus yang mematikan ini 😭

Sustainable Living Plan Unilever Tbk
Bicara soal kehidupan berkelanjutan sebenarnya sejak sepuluh tahun lalu Unilever telah menegaskan langkah dalam berbisnis yang tidak perlu mengorbankan masyarakat dan planet. Setiap aspek rantai yang memperhatikan lingkungan amat sangat diperhatikan dalam bisnisnya. Dan terbukti, di tahun 2020 dampak sosial yang positif terus meningkat. 

Ada tiga sasaran besar yang ingin dicapai Unilever untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, yaitu : 

1. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan untuk lebih dari 1 milyar orang dengan menggerakkan budaya cuci tangan agar terhindar dari diare yang dapat mengancam jiwa, meningkatkan akses sanitasi serta meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Pun di bidang nutrisi, Unilever tak ragu menghadirkan produk yang memenuhi standar nutrisi tertinggi untuk membantu masyarakat mendapatkan makanan yang lebih sehat. 

2.  Mengurangi jejak lingkungan hingga separuhnya dengan cara mengurangi emisi rumah kaca di berbagai sektor, mengurangi penggunaan air, mengurangi limbah dan kemasan di tempat pembuangan akhir, pembelian bahan baku yang sifatnya dapat didaur ulang atau dijadikan kompos dan mengurangi kemasan. 

3. Meningkatkan penghidupan untuk jutaan orang melalui program keadilan di tempat kerja, peluang bagi perempuan dan bisnis inklusif. 

Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih
So, sejalan dengan misi kesehatan dan pelestarian lingkungan, pas banget dengan peringatan hari kemerdekaan RI yang akan kita jelang, Pepsodent kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih. Selamat ya!

Pepsodent edisi spesial merah putih hadir dengan berbagai keistimewaan baik dari segi formula maupun kemasan yang berprinsip pada kehidupan berkelanjutan. 


1. Dari segi kemasan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih menggunakan teknologi PBL (plastic barrier laminate). Jadi teknologi laminasi kemasannya berasal dari plastik tipe polythelene yang dapat didaur ulang sesuai dengan HDPE pengolahan plastik yang berlaku. Nah produk ini di Indonesia adalah yang pertama kalinya hadir dengan kemasaan bijak plastik. Jadi baik kemasan kartonnya maupun tubenya semuanya dapat didaur ulang. 


2. Dari segi desain juga menggambarkan sesuatu yang Indonesia banget. Tampak orang-orang yang berbusana daerah tersenyum yang melambangkan pahlawan senyum dari seluruh Indonesia yang melambangkan persatuan Indonesia. 



3. Dari segi formula Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih dilengkapi kalsium, fluoride dan zinc untuk melawan gigi berlubang. Dan menariknya, warna pastanya juga merah dan putih, lho. 

Ayo, Jadi Pahlawan Senyum
Dijelaskan lebih lanjut, Fiona Anjani Foebe - Head of Oral Care Marketing Unilever Indonesia menuturkan, di era new normal yang penuh dengan rasa pesimisme masyarakat dalam beradaptasi, Pepsodent ingin menegaskan komitmennya untuk melindungi senyum keluarga Indonesia. Agar keluarga Indonesia dapat terus memancarkan senyum, kesehatan menjadi aspek yang paling diperhatikan terutama kesehatan gigi dan mulut. 

Di campaign yang menyasar pada kesehatan dan kesejahteraan pemulung dan keluarganya, Pepsodent berkolaborasi dengan IPI - Ikatan Pemulung Indonesia dan Kitabisa.com untuk memudahkan kita berdonasi. 

Adapun bentuk donasi yang disalurkan kepada pemulung dan keluarganya berasal dari setiap kemasan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih yang terjual. Di mana 2,5% dari laba penjualan akan diberikan dalam bentuk paket kesehatan dan kebersihan, terdiri dari alat perlindungan diri seperti masker kain dan sepatu boots serta hand sanitizer. Tidak hanya itu, Pepsodent juga akan memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis untuk pemulung dan keluarganya. 

Dari aspek kesejahteraan Pepsodent juga memahami minimnya harga sampah yang dijual pemulung kepada para pengepul. Untuk itu Pepsodent menyediakan sejumlah mesin press sampah plastik yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pemulung. Alhamdulillah. 



Bagaimana teman-teman? Yuk jadi pahlawan senyum untuk para pemulung. Dengan membeli Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih di toko-toko terdekat, nyatanya kita telah ikut berperan memerdekakan senyum para pemulung lho. 

Asyiknya lagi selain melalui pembelian Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih kita juga dapat berdonasi langsung ke Kitabisa.com yang akan digandakan duakali lipat oleh Pepsodent. Program ini berlangsung sampai 31 Oktober 2020 jadi jangan sampai terlewat ya. 

Ayo ikut ambil peran dalam melestarikan lingkungan 
Nah, satu hal yang perlu kita coba untuk membuat hari menjadi lebih indah adalah dengan tersenyum. Tak peduli senyum itu tulus atau tidak senyum aja dulu. Karena dampaknya itu luar biasa bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Dengan tetap tersenyum kita juga bisa mengikuti jejak Unilever dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Saya sendiripun telah berusaha konsisten menerapkan hal-hal kecil seperti :

1. Mengurangi pembelian pakaian. Setelah mengetahui soal isu limbah fast fashion dan cara hidup minimalisme, saya tidak lagi membeli pakaian (baju, tas, dan alas kaki) jika tidak benar-benar membutuhkan.

2. Membeli, memasak dan mengkonsumsi makanan dengan tidak berlebih-lebihan supaya tidak ada makanan yang dibuang. Seandainya bersisa saya akan olah lagi masakannya menjadi menu berbeda. 

3. Kemana-mana berusaha jalan kaki saja ataupun menggunakan transportasi publik untuk mengurangi pemakaian bbm. 

4. Untuk berbelanja saya membawa tas belanjaan dan wadah-wadah plastik untuk menempatkan makanan termasuk ikan dan daging segar yang dibeli di pasar. 

5. Membawa air minum sendiri supaya tidak membeli air kemasan untuk mengurangi sampah plastik.  




Yah, memang mungkin apa yang saya lakukan belum berdampak besar pada kelestarian lingkungan. Tapi saya yakin jika ada banyak individu mulai mengubah diri untuk peduli terhadap lingkungan pasti someday Indonesia bisa benar-benar merealisasikan pelestarian lingkungan. Tidak hanya dengan embel-embel “peduli” tapi juga melakukannya dengan aksi seperti yang telah dilakukan Unilever, saya dan teman-teman. 


Because of your smile you make life more - Dr. Seuss

27 comments

  1. Wah, edisi merah putih nih pepsodentnya. Bahannya bisa didaur ulang lagi. Ternyata dengan membeli pepsodent ini bisa berdonasi buat para pemulung, ya.

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih pepsodent ada launching edisi merah putih. Oya problem gigi berlubang memang populer di tengah masyarakat, salah satu sebab adalah malas sikat gigi. Apalagi kl menjelang tidur malam, malesssnyaaa. Pengennya langsung cusss bobo.

    ReplyDelete
  3. Senangnya pakai produk yang kemasannya bisa didaur ulang. Jadi ngurangin rasa bersalah karena mengotori bumi. Makin senang karena bisa ikut membantu sesama :)

    ReplyDelete
  4. Mantap pepsodent, desainnya indonesia bgt..
    Pepsodent, pasta gigi sjuta umat ya

    ReplyDelete
  5. BAgus, desain kemasannya. Indonesia banget. Vector kekayaan budaya Indonesia.
    Btw, tentang pelestarian lingkungan, saya coba lakukan seperti itu, meski kadang masih lupa. Terutama urusan bawa kantong belanja. Skor ingat dan lupa masih 50:50

    ReplyDelete
  6. Aku juga mau ah jadi pahlawan senyum. Keren deh pepsodent, kemasannya bisa 100% didaur ulang yaaaaa, plus ikut peduli juga dengan pejuang sampah disekitar kita yaaa

    ReplyDelete
  7. Makin happy pakai pepsodent. Karena skr sudah ada kemasan yg ramah lingkungan. Jd kita ttp bisa jaga lingkungan dengan produk yg kita pakai. Terlebih ada nilai plus lainnya, bisa berdonasi membntu kehidupan pemulung. Thanks pepsodent

    ReplyDelete
  8. Sekarang membiasakan bawa tas yg tote bag gitu klo belanja, mengurangi plastik. Lucu yak yg edisi merah putih, beli yg banyak biar bisa banyak berdonasi juga

    ReplyDelete
  9. Keren ya, Pepsodent kemasan merah putih ini, Mbak. Kemarin saya ke minimarket, dan belum dapat. Kerennya lagi, ada program donasi untuk pahlawan sampah. termasuk para pemulung.

    ReplyDelete
  10. wah makin keren ya pepsodent, dengan membuat kemasannya lebih ramah lingkungan alias bisa didaur ulang, btw pasta gigi ini menjadi pasta gigi faforit di rumah, ibu kalau ga pakai pepsodent beliau gak mau hehehe

    ReplyDelete
  11. Kalau menerapkan limbah fast fashion jadi pingin hidup minimalis ya Mbak,, bagus nih Pepsodent edisi spesial merah putih, beli Pepsodent bisa sekalian berdonasi buat senyuman pemulung ya

    ReplyDelete
  12. Bagus juga ni program nya ya, selama ini pemulung jd kaum yg terlupakan padahal cukup berjasa. Tp edisi spesial ini kayanya belum banyak ya, soalnya di toko deket rumah gak ada

    ReplyDelete
  13. Kondisi saat ini memang berat yaa.. Yuk kita dukung upaya Unilever untuk bantu para pemulung agar bisa tersenyum ceria kembali. Mau ah ikutan beli Pepsodent kemasan khusus ini agar bisa ikut bantu juga.

    ReplyDelete
  14. aku dibuat salfok nih sama packaging barunya pepsodent yang khusus kemerdekaan RI ini, indonesia banget emang ya packagingnya hihiihi,

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah pepsodent membantu pemulung ya. Edisi merah putih nya cakep deh kemasan nya. Salut dengan pepsodent yang punya gerakan donasu ini

    ReplyDelete
  16. Pas PSBB kepikiran sama pemulung juga. Mereka masih bisa makan gak ya? Di perumahan sih banyak sampah yang bisa dipulung, tapi belum tentu mereka boleh masuk karena karantina lokal. Bagus nih gerakan Pepsodent buat membantu para pemulung. Semoga banyak yang merasakan manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  17. odol dari jaman saya kecil dan kini punya anak kecil jg masih pakai yang sama, dan makin keren karena mereka senantiasa berbagi untuk yg lain

    ReplyDelete
  18. Bagus ya produk terbarunya pepsodent gak cuma pasta giginya yang warna warnj,tapi semuanya bisa di daur ulang dan ada bagian 2,5 % untuk kesejahteraan pemulung.

    ReplyDelete
  19. Setuju banget nih, banyak yang terlibat untuk melestarikan lingkungan, apalagi pepsodent pun turut serta dengan kemasannya yang bijak berplastik

    ReplyDelete
  20. Bagus banget programnya semoga makin sukses yes. Btw suka banget sama packaging edisi kemerdekaan ini soale ada gambar-gambar pakaian adat gt hehe.

    ReplyDelete
  21. Aihh iya ya kebayang deh kalo pemulung bantar gebang sana gak pakai perlindungan seperti masker, sarung tangan, dan sepatu boot bakalan kena penyakit atau infeksi luka, so sad. Aku ikutan donasinya deh, cuma beli pepsodent edisi spesial merah putih doang, gak berat

    ReplyDelete
  22. Salut untuk Pepsodent yang menyumbangkan alat perlindungan diri dan alat kesehatan lainnya.

    ReplyDelete
  23. Pengunjung kalo membeli jadi langsung donasi, jadi belanja sekalian donasi deh

    ReplyDelete
  24. Pepsodent udah jadi pilihan keluarga nih dari dulu mba. Sekarang ada edisi merah putih yah. Bagus bangey apalagi sekalian berdonasi. Wah mesti beli banyak ini hehehheh

    ReplyDelete
  25. Pepsodent emang top..Sesuai dengan warna produknya juga ya..dominan merah dan putih..eh ada edisi spesial merah putih..pastanya pun merah putih..Ada donasi pula..Luar biasa deh...

    ReplyDelete
  26. Semoga senyum tulus para pemulung dapat terus merdeka ya, Mbak. Btw, desain pepsoden makin keren aja.

    ReplyDelete
  27. Luar biasa ya sumbangsih pepsodent menggandeng pemulung ya kak. Semoga semuanya selalu sehat dan gigi terjaga dengan sehat.

    ReplyDelete