Lima Signature Dish Terbaru Swiss-Belresidences Kalibata Yang Menggugah Selera


Setiap mengingat Swiss-Belresidences Kalibata satu hal yang paling nempel di kepala saya adalah makanannya! Yes, saya udah sering dengar gimana enaknya citarasa signature dish atau masakan khas di hotel bintang empat ini. Teman-teman tahu lah ya, masakan andalan seorang koki atau chef adalah bagian dari identitasnya yang membedakan dengan chef lainnya. Makanya ga heran, resep masakan yang biasa-biasa aja bisa menjadi luar biasa setelah didalami, dipelajari dan diperbaiki oleh sang chef dalam waktu yang ga sebentar. And luckily, saya berkesempatan menikmati lima signature dish terbaru Swiss-Bellresidences Kalibata yang menggugah selera, yeayyy!!!



Tepat jam 16.30 saya sudah tiba di Swiss-Cafe Restaurant. Nama ini menjadi bagian dari Swiss-Belresidences Kalibata. Dari namanya saya yakin pasti teman-teman di Jakarta cukup familiar ya dengan hotel ini. Pun saya, hotel berkelas internasional ini persis berada di sebelah stasiun kereta Duren Kalibata, di depannya malah ada pemberhentian halte Transjakarta Blok M - Kampung Rambutan dan berseberangan dengan Plaza Kalibata City dan Mal Kalibata City serta pusat kuliner duren terkenal di Jakarta. Inilah tempat paling strategis untuk hang out bareng teman-teman atau sekedar ngopi santuy hehhee... 

New Normal Talk & Dine

Bukan tanpa alasan Swiss-Belresidences Kalibata mengundang secara ekslusif  saya dan teman-teman Blogger, Vlogger, Media dan penyelenggara pernikahan atau Wedding Organzer untuk hadir dalam acara New Normal Talk & Dine pada Selasa 8 September 2020 kemarin. Karena bulan ini, bulan September, menjadi sebuah harapan untuk terbukanya kembali kesempatan bagi industri perhotelan di masa pandemi yang melanda negara kita sejak beberapa bulan lalu. 



So, sebagai wujud syukur sekaligus mempererat tali silaturahmi acara yang digelar berlangsung ringan dan fun. Ga terasa membosankan lho, tau-tau dari jam 16.30 udah jam 19.30 aja. Selain casual dinner ala prasmanan, seluruh tamu juga dihibur dengan live music dan performance seru dari staf Swiss-Belresidences Kalibata dengan tarian Macarena. 



Dan tentunya, ini dia yang paling ditunggu-tunggu, sesi melihat Executive Chef Troy Donovan memperagakan teknik memasak resep masakan terbarunya yang disiarkan langsung melalui live IG Swissbellresidenceskalibata. Oh iya, selain Chef Troy Donovan hadir juga perwakilan dari Unilever Food Solution yang memperagakan pembuatan minuman segar es kopi Bango dan tower pancake memakai kecap Bango untuk sausnya. Jadi siapapun bisa menonton langsung live cooking show dan seseruan ikutan fun games dengan hadiah yang bikin mupeng. Mau tau hadiahnya? Voucher staycation gratis dan voucher makan gratis di Swiss-Belresidences Kalibata!!!

Hebat, kepikiran sampe sana ya? Demikian kesan saya dengan adanya live IG ini. Karena mata ga bisa bohong, kita bisa melihat langsung bagaimana protokol kesehatan sesuai standar telah diterapkan Swis-Belresidences Kalibata untuk memastikan rasa aman dan nyaman siapapun yang menjejakkan kaki di hotel. Pas banget dengan taglinenya Sanctuary in the city. 

10 Komitment Pelayanan Hotel di Era New Normal


Dari penjelasan singkat Pak Dede Fahruroji selaku Executive Assistant Manager, nyatanya Swiss-Belresidences Kalibata menerapkan 10 komitmen untuk kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas utamanya. 

1. Menggunakan salam Swiss-Belresidences Internasional sebagai pengganti jabat tangan untuk menjaga social distancing. 

2. Menyediakan dispenser cairan pembersih tangan di tempat umum di seluruh area hotel mulai dari pintu masuk, lobby, elevator, resepsionis, restaurant dan ruang pertemuan. Dengan demikian seluruh tamu dapat dengan mudah membersihkan tangannya kapan saja. 

3. Menaruh tempat pembuangan tertutup untuk membuang tissue dan masker yang telah digunakan. 

4. Melakukan proses desinfeksi secara teratur di area-area yang berpotensi sering tersentuh tangan seperti pegangan tangan, papan tombol lift, kenop pintu. 

5. Menyediakan sabun cair dan tissue di toilet.

6. Menggunakan APD seperti masker bedah dan sarung tangan sebagai upaya untuk memberi perlindungan pada para karyawan. 

7. Mengganti sprei setiap tamu check out.

8. Melakukan pemeriksaan kolam renang dan disinfeksi area fitnes beberapa kali sehari.

9. Memperhatikan perawatan ventilasi.

10. Menjaga kebersihan area dapur, sanitasi alat dapur, area cuci tangan, pembelian bahan makanan dari sumber terpercaya dan yang bertugas juga menggunakan apron, penutup kepala. 

So kita ga perlu kuatir ya teman-teman bila ingin menginap, mengadakan meeting, pameran, seminar atau menggelar pesta dan pernikahan di hotel bintang empat di Jakarta Selatan ini. Kita bisa melihat upaya-upaya peningkatan sanitasi dan penggunaaan disinfeksi untuk melawan Covid-19 dan bakteri lainnya di seluruh area hotel mulai dari area publik, kamar tamu hingga kantor telah diterapkan sesuai standar di seluruh unit Swiss-Belhotel Internasional. 

Saya sendiri sudah merasakannya. Di Swiss-Cafe Restaurant tempat acara New Normal Talk & Dine berlangsung, pembatasan sosial diberlakukan pada peletakan kursi-kursi. Semua tamu undangan wajib mengenakan masker dan cek suhu tubuh dulu. 


Untuk makanan, kita tau di sanalah tempat penyebaran penyakit yang paling mudah kita temui. Untuk menjaga hidangan tetap steril pengolahan makanan dilakukan dengan standart kebersihan yang ketat. Pun seluruh karyawan selalu dilengkapi dengan seragam yang sesuai protokol kesehatan seperti apron, penutup kepala, masker, sarung tangan dan face shield. 

"Itulah sebabnya di masa new normal tepatnya di bulan September ini menjadi harapan baru bagi kami untuk selalu dapat memberikan yang terbaik. Dan hari ini adalah bagian dari sosialisasi dari standar hidangan dan pelayanan yang kami persembahkan bagi tamu-tamu kami, dimana kami selalu memprioritaskan kebersihan dan sterilisasi area hotel dengan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan himbauan pemerintah. Dan, bukan itu saja, hotel kami juga selalu mempersembahkan hidangan yang terbaik," tutup pak Dede Fahruroji dalam sambutannya. 

Signature Dish

Dari berbagai pernyataan review di Google, Swiss-Cafe Restaurant Swiss-Belresidences Kalibata terkenal dengan kelezatan makanan baik makanan populer internasional, Asian food ataupun Indonesian food. Namun untuk kali ini, saya diajak menikmati lima sajian khusus Indonesian Dish yang kaya rempah dan sarat bumbu olahan Cheff Troy Donovan. 

Berikut lima signature dish terbaru andalan Swiss-Belresidences Kalibata yang menggugah selera: 

1. Asinan Betawi



2. Nasi Goreng Kambing

3. Bebek Betutu



4. Lobster Thermidor



5. Sop Konro Iga




Menariknya, ada sajian khusus juga dari perwakilan Cheff dari Unilever Food Solution yang mengolah kecap bango menjadi minuman kopi dan saus pancake. It so amazing for me. Meskipun terlihat sama tapi ini kecap lho gaes, bukan coklat! 



Nah, cara membuat minuman segar Kopi Kecap Bango mudah banget. Olesi bagian dalam gelas dengan kecap Bango dan tuang kira-kira 3 sdm air gula. Selanjutnya masukkan es batu secukupnya dan tuang sekitar 150 ml susu UHT. Terakhir baru tuang sekitar kopi Arabica kental yang sudah diseduh dengan air panas. Taraa, jadi deh. Bagaimana rasanya? Aneh sih ya, ini rasa brown sugar atau kecap sih? Sempat loading lama akhirnya otak saya bilang juga kalau ini enyakkkk. 😂



Anyway, thanks you so much Swiss-Belresidences Kalibata. Saya diajak having fun sekaligus mewek di akhir acara. Ga nyangka, saya berkesempatan bisa staycation satu malam di Swiss-Belresidences Kalibata, satu-satunya hotel di Jakarta Selatan yang punya taman hutan hijau. Asyikk, tandanya udah waktunya liburan tipis-tipis nih, yeayy 💓💓💓💓💓💓💓







29 comments

  1. Nah ganti sprei itu penting loh, even bukan dalam masa pandemi sebenarnya.
    Jijay banget kan kita tidur di sprei bekas orang yang kita nggak tahu dia ngapain aja di sprei tersebut :D

    Apalagi di masa pandemi gini, bahkan di handle pintu, kran air dst, biar pengunjung tuh jadi nggak was-was.

    Salut banget ama hotel-hotel yang semangat menerapkan hal tersebut :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah senengnya bisa stay cation gratis di hotel internasional Swiss-Belresidence kalibata.

    Oh ya Mba.. pertama nyicip minumannya mungkin otak kita mencari-cari rasa kecap ya.. tapi ternyata rasanya enyak banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa liburan tipis-tipis hahaa

      nah ituuu, pas pertama mencicipi otak saya loading dulu, bingung mencerna antara enak dan enak banget hahaha

      Delete
  3. Perlu dicoba juga nih sedih kopi tapi lebih dulu tuangkan kecap. Pengen tahu juga rasanya gimana sih enaknya. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Wow, lezatos. Hampir semua signature dishnya makanan tradisional yaaa. Aduh itu menu lobsternya bikin lapar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya enak, penataannya cantik, jadi ga tega mau dimakannya hahaha

      Delete
  5. Uwowww, seruuu yaaah, eh ada foto diriku tuh..hehehe, jadi kepingin makan lobsternya euy, kmrn belom kesampaian kan yah, kudu balik lagi fix..hhehhehe

    ReplyDelete
  6. yeayy, selamat mbak Diah..staycation deh
    Btw, itu menu signature dish terbaru di swiss belresidences kalbata beneran istimewa ya...aya ampun menu buasa jadi warbiaya di tanagn chef mereka
    Terus ga terbayang deh aku sama olahan kecap bango menjadi minuman kopi dan saus pancake...dududu, ada rsepnya, bisa aku coba..kalau ga mirip berarti ke swiss belresidences aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa liburan tipis-tipis deh ya hehehe...
      ayo gek ndang ke sini aja, aku temanin ngicipin kopi kecap bangonya

      Delete
  7. kopi dari kecap bango?
    langsung kebayang pasti enak :D :D
    Tapi 5 signature dish Swiss-Belresidences bikin bingung, nampak enak semua ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru lima signature dishnya ambu, masih banyak lagi yang bikin lidah bergoyang. enak semua hihihi

      Delete
  8. wow, keren ya chefnya.. aku belum pernah tahu kalo kecap bisa dijadiin minuman dan saus pancake

    ReplyDelete
    Replies
    1. inovasinya boleh juga ya, kecap dijadiin kopi hahah

      Delete
  9. aihh..saya penasaran sama menu sop konro iga sama lobster thermidornya nih..kelihatannya enak banget euy~

    ReplyDelete
  10. Seru banget itu acaranya Mbak. Makanan-makanannya juga tampak tasty banget.

    Saya kalau menginap di hotel, selain kebersihan dan service, makanan menduduki tempat yang penting. Jadi setiap sarapan atau mampir ke restorannya, kualitas makanan dan minuman mendapatkan review khusus di blog saya.

    ReplyDelete
  11. Sepertinya saya kalau lihat ini jadi laper mata, dan perutnya terasa banget perihnya. ha,, ha,,ha,,

    ReplyDelete
  12. Menu-menunya menggoda sekali Mbak Diah. Paling ngiler liat Sop Konro Iga, langsung laper pingin makan dan menyeruput kuahnya he he
    Btw ada performance seru dari staf Swiss-Belresidences Kalibata dengan tarian Macarena segala ya. Wah meriah banget itu, acara makannya jadi semarak. Ikut menari nggak mbak? :D

    ReplyDelete
  13. Tentunya, tiap tempat akan memiliki standar prokesnya, untuk memastikan benar bahwa mereka bisa dipercayai dalam menerima dan menjamu tamu. Standar prokes di Swiss Belresidences sangat bagus ya.

    ReplyDelete
  14. Bener bgt, klo pilih hotel pilih makanannya juga.
    Hehehe

    ReplyDelete
  15. Mau kasih ucapan selamat dulu, ahhh ... Hari gini bisa staycation gratis, siapa yang bakal nolak? Apalagi staycation-nya di Swissbell Kalibata. Huaaa, aku pun mauuu.

    Soal menu-menu, nggak usah ditanya deh. Udah bikin perut berkerucuk dari tadi. Tega memang hahaha ... Tapi itu kopi, beneran ditemenin sama kecap? Gimana rasanyaaa?

    ReplyDelete
  16. Wuih, makanan-makanannya bikin ngiler. Cantik deh tampilan-tampilannya. Jadi kepengen sarapan lagi jadinya. :D

    ReplyDelete
  17. Itu aku penasaran kecap dijadikan saus untuk pancake. Gimana rasanya ya. 😆

    ReplyDelete
  18. Yaa ampun seru banget bisa ke acara seperti itu Mbak. Itu lobsternya juga kayak melambai aja bikin orang pingin icipin.

    ReplyDelete
  19. Penasaran sama yang iga nih soalnya aku termasuk penyuka iga. Tapi selama ini cuma sebatas makan iga bakar dan sup iga doang. Kan jadi penasaran sama embel-embel konro ini.

    ReplyDelete
  20. Asikkk staycation ya mbak, selamaaat yaa
    Aku nggak kebayang dengan kopi yang dicampur kecap Bango, penasaran sih jadinya.
    Dan akutu galfok dengan signature dish Asinan sama Bebek Betutu, kelihatan yummy banget. PAsti rasanya seenak tampilannya ya mbak

    ReplyDelete
  21. Duhh.. Asik banget. Saya jadi ngiler liat beragam menunya. Hehe

    ReplyDelete