Rumah Adalah Galeri Kehidupan Penghuninya dan AvatarOn Melengkapinya


Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia. Apa rasanya coba bila seseorang tidak memiliki tempat tinggal? Kemana dia harus pulang kala lelah menghampiri setelah beraktivitas? Buat saya mau kecil atau besar, mau ngontrak atau rumah pribadi, inilah sarang paling aman dan nyaman untuk berlindung. Inilah tempat paling hangat dan tenang yang sering bikin kangen karena rumah adalah galeri kehidupan penghuninya dan Avatar On melengkapinya. Bingung? Oke baca terus ya... 

Pandemi mengajarkan kita menjadi manusia yang sabar dan memahami keadaan. Inilah moment tepat dimana orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Ga peduli apakah dia punya uang banyak atau pas-pasan semua dihimbau untuk beraktivitas di rumah. Yang bekerja jadi WFH, yang pelajar jadi SFH. Nah, selama tujuh bulan mengisolasi diri gimana rasanya? Bosan, bingung, mati gaya? 

Teman-teman, rasa bosan, bingung dan mati gaya adalah hal wajar. Tapi juga jangan diekploitasi seolah diam di rumah adalah siksaan. Kenapa sih menghabiskan waktu lebih banyak dengan anggota keluarga rumah koq ga betah? Padahal di era new normal ini kita dituntut untuk menjaga kondisi tubuh, kan? Imunitas tubuh kita harus kuat melawan virus. Nah, kunci melawan virus cuma dua : asupan makanan bergizi dan perasaan bahagia. Mari kita berpikir bagaimana menjaga kondisi perasaan keluarga agar tetap bahagia. 

Rumah yang Nyaman Perlu Diciptakan


Dalam peluncuran kampanye #RumahAdalah yang digelar Schneider yang digelar secara virtual pada 17 September 2020 lalu kita diajak merefleksikan kembali arti rumah. Bertemakan "Wujudkan Tiap Ide #RumahAdalah Bagi Anda dengan Personalisasi" suasana rumah yang nyaman sejatinya perlu diciptakan. Karena rumah yang nyaman dapat membangun energi positif penghuninya. Dengan demikian produktivitas dan kualitas hidup pun dapat terus terjaga. 


Rina Renville, Chairman Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta menyampaikan ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan sentuhan personal pada ruang agar lebih nyaman. Mendesain ulang interior rumah misalnya. Dengan penataan yang tepat, dekorasi personal akan menghasilkan ruang baru yang menarik yang dapat meningkatkan rasa bahagia, tenang, nyaman sekaligus membangkitkan produktivitas.

Akan tetapi dalam memberikan sentuhan personal pada rumah dan ruang-ruang di dalamnya ada baiknya tetap disesuaikan dengan karakter diri penghuninya. Yang penting jangan berlebih-lebihan. Fokuskan pada focal point atau satu area yang akan jadi pusat perhatian. Apakah salah satu dindingnya diberi warna cat berbeda atau dengan bata ekspos, karpet bermotif di tengah ruangan polos atau furniture antik di ruang keluarga. 

Sentuhan personal lewat focal point juga bisa disesuaikan dengan hobi. Kalau suka musik kenapa ga dicoba menghias ruangan dengan memajang pigura musisi favorit? Atau yang suka merajut kaya saya mungkin bisa dipamerkan hasil karya sarung bantal dan taplak mejanya di ruang keluarga? Pasti lain dari yang lain πŸ˜



Ada satu langkah sederhana untuk memberikan sentuhan personal pada ruang yaitu dengan memajang foto-foto keluarga. Setiap melihatnya tentu akan membangkitkan kenangan tersendiri. Rumah pun jadi lebih hangat karena terikat dengan kenangan melalui foto-foto yang dipajang. 

Jadi sepakat ya kita semua kalau hunian yang baik adalah rumah yang dapat menciptakan kebahagiaan dan kenyamanan bagi penghuninya. Home sweet home istilahnya. Namun, setiap hari berkutat di ruang lingkup terbatas selama berbulan-bulan tentu bikin jenuh. Seharusnya kalau lagi jenuh kita liburan ya melihat pemandangan alam dan nuansa segar untuk menenangkan hati, tapi kan ga bisa. Nah, karena jiwa kita pada dasarnya sama semua, sama-sama mencintai alam solusinya adalah menyematkan unsur alam di dalam rumah. 



Percaya tidak, memasukkan unsur alam baik langsung ataupun tak langsung di rumah dipercaya sangat berpengaruh pada kesehatan. Rasa tenang yang muncul sesaat mendengar gemericik air dan menatap pemandangan hijau disebut-sebut dapat meningkatkan rasa nyaman dan membangkitkan produktivitas. Ga heran perusahaan-perusahaan besar telah mengaplikasikan unsur alam di kantornya dan terbukti tingkat stress menurun drastis dan sebaliknya tingkat produktivitas justru karyawannya meningkat. 

Mbak Rina kemudian memberi tips bagaimana memasukkan unsur alam ke dalam rumah melalui : 

- Meletakkan anaman-tanaman indoor atau membuat taman hijau mungil di depan atau belakang rumah

- Memperbanyak opening atau bukaan agar sirkulasi udara mengalir alami

- Menggunakan material interior dan furnitur yang berasal dari alam seperti rotan, kayu dan batu-batuan sebagai ornament. 

- Penerapan pencahayaan alami. 

Kelebihan Sakelar AvatarOn

Yang perlu kita sadari, kegiatan mempercantik rumah sebaiknya sih jangan fokus pada faktor keindahannya aja namun juga kenyamanan, keamanan dan keselamatan seluruh penghuni rumah juga wajib diperhitungkan. Jadi jangan takut mengalokasikan dana misalnya untuk mengubah dekorasi dinding sekaligus mengecek kualitas dan performa listrik di rumah agar terhindar dari korslet. 

Jujur, urusan dengan listrik memang sangat menakutkan. Apalagi kalau di rumah masih ada anak kecil yang belum paham arti bahaya. Rasa courisitynya yang tinggi bikin mereka sering main-mainan alat listrik di rumah seperti sakelar dan stop kontak. 

Kita tahu fungsi saklar adalah alat untuk menyambung dan mematikan arus listrik. Oleh karena itu hadirnya sakelar yang berkualitas dan dapat diandalkan sesuai standar adalah keharusan. 



Sebagai perusahaan listrik ternama dari Eropa yang telah memakari urusan perlistrikan sejak abad 19 lalu, Schneider telah membuat banyak terobosan teknologi. Untuk menjawab kebutuhan personalisasi desain interior Schneider Electric memperkenalkan terobosan terbarunya yaitu Sakelar AvatarOn dengan kelebihan sebagai berikut : 

1. Sakelar AvatarOn hadir dengan desain yang memadukan unsur fungsional dan estetika sekaligus. 

2. Produk Sakelar AvatarOn dapat dimodikasi sesuai dengan keinginan pembelinya dan atas inovasinya ini AvatarOn menjadi pemenang penghargaan kelas dunia iF DESIGN AWARD 2017.

3. AvatarOn hadir dengan teknologi SS - Slim Rocker Sure  Click yang sudah dipatenkan. Teknologi ini dapat meminimalisasi risiko percikan api untuk memastikan penggunaan sehari-hari yang aman. 



4. Ada tiga tampilan default Sakelar AvatarOn, ada yang dari bahan putih, bahan kayu lunak atau serat warna emas untuk tampilan modern dan elegan. 

5. Desain cover AvatarOn dapat diganti secara snap-on, ini memudahkan kita untuk melepas cover dengan satu tangan seperti misalkan waktu kita mau mengganti chasing ponsel.  Tinggal klik - lepas - pasang - klik. Semudah itu!!

6. AvatarOn juga dilengkapi Soft LED Locator dan dilengkapi pula dengan Fluorescent LED Locator di bagian bawah yang memancarkan cahaya lembut. Ini untuk memudahkan kita mencari posisi sakelar dalam kegelapan misalnya waktu mati listrik.

7. Permukaan sakelar AvatarOn halus seperti cermin dan sangat tipis. Bentuk kotaknya yang presisi dapat dengan mudah dipasangkan dengan kotak dasar standar type 86 yang cocok di dinding dan hampir ga ada tonjolan seperti sakelar pada umumnya. 



8. Sakelar AvatarOn juga dilengkapi dengan gantungan kunci dan soket pengisi daya USB untuk memberikan kenyamanan dan menjawab kebutuhan seluruh penghuni rumah. 

Wuaaa, suka banget dengan inovasinya ini deh. Bila biasanya sakelar lampu modelnya seragam semua, hanya kotak putih nempel di dinding dengan tombol on off untuk nyala dan matikan lampu sekarang malah jadi pemanis interior. Kesannya stylish, personal dan yang pasti multifungsi dong. Pernah membayangkan sebelum menyala matikan lampu tatapan mata tertuju ke foto keluarga? 



Yes, desain penutup AvatarOn dirancang sesuai dengan keinginan pembelinya. Tidak hanya menawarkan berbagai pilihan warna ataupun variasi lapisan, penutup AvatarOn juga dapat dicetak dengan berbagai desain yang diinginkan. 

"Anda dapat mencetak foto Anda, replika tangan dan kaki bayi Anda, dan mencetak momen bersejarah Anda di atas penutup sakelar AvatarOn. Bentuknya yang ramping dan tanpa bingkai menjadikan sakelar AvatarOn pas menempel di dinding, dan memungkinkan personalisasi tampilan perangkat dengan mudah," ungkap Niken Widyasti - Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia.  

Dalam penjelasan lebih lanjut mengenai peluncuran AvatarOn yang diluncurkan Schneider Electric, mbak Niken mengatakan kampanye #RumahAdalah bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar menjadi diri sendiri, menghidupkan kembali rumah dengan menjadikannya tempat yang memungkinkan tiap penghuninya mencapai jatidirinya sendiri, mencerminkan siapa dirinya, gayanya dan gaya hidupnya. 

Dalam kampanye ini Schneider Electric menggandeng beberapa influencer yang dapat mewakili pesan kampanye tersebut seperti Living Loving, Rumah Nano, Nana Mirdad, Dr. Agnes dan Ellyse Sinsilia untuk berbagi kisah inspiratif bagaimana mereka memaknai arti rumah bagi diri dan keluarganya. "Tak hanya itu, kami juga mengajak masyarakat untuk mewujudkan ide-ide menghidupkan kembali rumah yang selama ini terkubur karena kesibukan yang padat," jelasnya. 

Rumah Adalah Tempat Kita Bebas Berekspresi Menjadi Diri Sendiri 

Demikian ungkap Nike Prima, Co-Founder and Director Loving living yang berkesempatan membagikan kisah dan pengalamam pribadinya. "Dalam mendesain interior rumah, dirinya dan suami memiliki prinsip untuk membangun koneksi sedekat mungkin antara interior dengan apa yang menjadi nilai-nilai penting dalam keluarga kami”. 

"Oleh karena itu, buat kami penting sekali memilih finishing, fixtures, hingga ornamen dekorasi yang selaras. Termasuk sakelar dari Schneider Electric yang dapat dicetak dengan berbagai desain menurut saya juga bisa jadi pilihan untuk membuat desain ruangan jadi selaras dan sesuai karakter pemilik rumah," pungkasnya. 




Saya sepakat dengan mbak Nike. Kalau bosan dengan interior desain rumah dan ingin ganti suasana jadi ga perlu bongkar dana berlebihan. Sakelar AvatarOn bisa menyesuaikan dengan keinginan kita tanpa perlu repot-repot ganti instalasi listrik segala. Tinggal klik tombol di bawah sakelar untuk mencabut cover yang lama dan klik deh untuk memasang dengan yang baru. 


Sekarang pertanyaannya, beli di mana sakelar AvatarOn? 


Menutup sesi diskusi media. mbak Niken Widyasti menyampaikan, "para pemilik rumah dapat membeli sakelar AvatarOn di pusat elektronik maupun marketpalace seperti Tokopedia. Untuk personalisasi desain cover sakelar AvatarOn, kita dapat membeli dan mencetaknya di Snappy terdekat sebagai vendor percetakan resmi kami."



Dan menariknya, selama masa kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric bekerjasama dengan Tokopedia memberikan promo diskon 16% + Casback 5% untuk pembelian sakelar AvatarOn selama bulan September. 

Waah, semakin ga sabar memiliki sakelar AvatarOn dan memajang foto-foto keluarga. Rasanya setiap detil dari rumah menjadi lebih dalam dan intim kalau setiap menyalakan dan mematikan lampu yang saya lihat adalah foto keluarga yang saya cintai. Karena buat saya #RumahAdalah adalah galeri kehidupan penghuninya dan AvatarOn melengkapinya. Kalau kamu? 

26 comments

  1. Selalu ada jalan untuk bikin kita tetap betah #diRumahAja
    Rumah adalah pusat tata surya dalam kehidupan kita
    Jadiii, terobosan AVATARON ini keren buangeettt, karena bikin personalized touch di rumah kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personalized banget. Tiap mau nyalain matiin lampu liat foto keluarga dulu deh 😍

      Delete
  2. Selain dari segi keamanan, tak lupa sakelar AvatarOn ini segi estestis juga ditonjolkan ya mbak. Pengin punya juga kanπŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. All in one ini mah. Beli yuk? Ga cuma buat nyetrekin nyalain matiin lampu tp juga ada kehadiran keluarga πŸ₯°

      Delete
  3. Mulai sekarang foto selfienya, foto keluarga nya, bakal punya album sendiri dalam sakelar nih... Makin keren saja

    ReplyDelete
  4. bikin tambah betah di rumah nih
    Soalnya saya orang rumahan banget
    Bisa seharian ngatur ngatur rumah doang
    Dan pastinya avatar on jadi pelengkapyang bikin tambah mager :D

    ReplyDelete
  5. Duh keren banget sakelar nya. Inovatif dengan pilihan design yang beragam. Keren dan pas untuk memperindah rumah

    ReplyDelete
  6. Skalar itu hal yang kecil dalam interior rumah tapi sebagai saksi dari perjalanan sebuah keluarga. Naksir banget sama saklar AvatarOn, saya pikir di rumah saya wajib aja satu nih

    ReplyDelete
  7. Wah rumah yang aman,nyaman dan sesuai personalisasi penghuninya sangat penting. Apalagi ditunjang dnegna saklar Avataron, lengkap sekali kenyamanannya.

    ReplyDelete
  8. Menarik sekali konsepnya. Selama ini ga Ada yg kepikiran kalau sakelar bisa jadi salah satu dekorasi rumahn biar ga ngebosenin dan personalisasi style rumah masing-masing

    ReplyDelete
  9. Setuju, kita bisa menciptakan sendiri rumah yang nyaman, salah satunya dengan aksesoris Avataron. Rumah jadi lebih personal kesannya.

    ReplyDelete
  10. Seneng ya kalo punya rumah sesuai dengan rumah idaman kita apalagi didukung oleh alat2 furnitur yang ciamik seperti saklar dari avatarOn ini 😍

    ReplyDelete
  11. Lagi mikir nih kalau beli avataron ini mau pasang foto apa ya hehehe. Mayan juga ada diskon and cashback.

    ReplyDelete
  12. Suka banget sama AVATAR ON ini Mba, saya lagi lihat-lihat juga soalnya kalau rumah ada penyemarak gambar suatu tempat, bisa jadi goal setting juga. Keren beneran ini :)

    ReplyDelete
  13. Bikini bahagia, aman dan nyaman adalah kunci rumah yang ideal. Bukan soal seberapa luasnya :')

    Sakelar AvatarOn ini bener bener multifunction kalo kata aku seorang minimalist hehe

    ReplyDelete
  14. avatar on ini kok ciamik sekali. Bikin dekorasi rumah bagus, terus jadi aman dari jangkauan anak kecil. Suka sama dekor rumahnya mba woro nih, sentuhan personalnya dapat banget

    ReplyDelete
  15. Multiguna ya skalar dari AvatarOn, suka banget.

    ReplyDelete
  16. Seneng deh kalau ada saklar bisa dimodif gini, apalagi anak2...tapi jgn smp pada mainim saklar jg nihπŸ˜†

    ReplyDelete
  17. Keren banget avatarOn nya bisa buat gantung kunci. Cocok buat aku biar gak lupa nyari kunci sekalian matiin lampu kalau mau pergi hehehe

    ReplyDelete
  18. Hai mba, salam kenal

    Wuiih canggih... Bisa saya coba ni, pasangin foto keluarga. Paling penting hemat listrik, bikin rumah cantik tapi nggak bikin boros.

    ReplyDelete
  19. Rumah selalu jadi tempat kembali yang menenangkan dan menyenangkan. Apalagi kalau ada tambahan saklar AvatarOn yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan kita.. makin betah deh untuk selalu pulang kembali dan di rumah saja.

    ReplyDelete
  20. Oh my God. Baru kali ini ketemu produk saklar terus bisa custom Avatar. Idenya brilian ini, jadi terasa lebih personal ya

    ReplyDelete
  21. Aku jadu pengen bikin saklar AvatarOn ini, sangat menarik loh, biar makin kece rumah

    ReplyDelete
  22. wow keren banget ini avataron, nampaknya layak dicoba ya. lucu kan foto keluarga atau anak-anak ada di cover sakelar, hehe

    ReplyDelete
  23. Home sweet home kalo kata orang, tempat rebahan paling enak hehe
    Tambah asyik pula ya dengan kehadiran saklar AvatarOn di rumah.

    ReplyDelete