Monash University Kini Hadir Lebih Dekat di BSD City


Namanya ibu-ibu ada aja bahan obrolan menarik untuk dibahas. Misalnya soal pendidikan anak. Kenapa memutuskan anaknya kuliah di luar negeri? Berapa biaya masuknya? Lebih murah di negara apa untuk living costnya? And the bray and the bray and the bray. Saya bingung aja, kenapa ga ke Monash University kini hadir lebih dekat di BSD City, kan?

Yes, siapapun pasti menginginkan yang terbaik untuk putra-putrinya. Pun urusan pendidikan. Waktu main-main ke kantor konsultan pendidikan internasional yang sudah memberangkatkan ribuan siswanya ke luar negeri saya pernah ngobrol dengan salah seorang ibu. Singkat kata dia ingin menguliahkan anaknya di luar negeri. 

Katanya, dari beberapa negara dia masih bingung memilih antara Inggris atau Australia. Jerman paling murah tapi ibu itu ga minat karena anaknya harus belajar bahasa Jerman dulu sebagai syarat untuk kuliah di sana. Sedangkan di Australia dan Inggris kan bahasa pengantarnya bahasa Inggris jadi dari segi biaya bisa lebih hemat. Akan tetapi masalahnya di biaya pendidikan dan living cost yang justru mahal. Beruntungnya, dari jarak Indonesia ke Australia lebih dekat dibandingkan ke Inggris. Jadi kalau mau mudik biaya penerbangannya masih okelah. 

Lantas akhirnya kuliah di mana saya ga tau. Pembicaraan bubar begitu aja hehehe... 

Bicara soal pilihan saya memahami kalau kuliah di luar negeri itu bukan sekedar untuk gegayaan aja. Karena ujungnya adalah bekerja mapan dan karir melesat tentu perguruan tinggi luar negeri berkualitas menjadi pilihan untuk memenangkan persaingan. Kita tau perguruan tinggi di luar negeri memiliki kurikulum internasional yang tentu akan membuat standar pendidikan yang tinggi juga. Kelas lebih intensif dan jumlah siswanya dibatasi. Belum lagi fasilitasnya, ga cuma gedung kampus yang modern tapi laboratorium dan perpustakaan pun jauh lebih canggih dan lengkap. Ada uang ada barang ibaratnya. 

Salah satu negara yang dituju orang Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah negara Australia. Dan Monash University merupakan salah satu universitas terbesar di Australia yang sangat diminati. Terbukti dari QS World University Rangking Monash University menduduki peringkat 55 dunia. Mantap banget kan! Dari QS World University Rangking inilah kita bisa melihat daftar universitas terbaik di dunia. 

Dengan jumlah sekitar 50.000 mahasiswa yang tersebar di 6 kampus berbeda-beda di Victoria, Berwick, Caulfield, Peninsula, Clayton, Gippsland dan Parkville universitas ini menawarkan berbagai jurusan. Bidang seni, perdagangan, teknik, pendidikan, hukum, kedokteran, sains, universitas ini juga memiliki sekolah hukum dan museum seni di Clayton. 



Selain di Australia, Monash University hadir di Malaysia, China, India dan Italia. Kabar gembiranya, perguruan tinggi Monash University akan hadir pula di Indonesia tepatnya di BSD City. Ini merupakan universitas luar negeri pertama yang hadir di negara kita, yeayy!!

Sebagai warga BSD saya bangga banget Universitas Monash memilih kawasan BSD menjadi kampus pertamanya di Indonesia. Setelah lama dikenal sebagai pusatnya dari berbagai institusi pendidikan ternama baik formal maupun informal sekarang BSD nambah satu lagi perguruan tinggi terbaik di dunia yaitu Monash University. 

Melalui yayasan Monash University perguruan tinggi ini akan membuka pusat pembelajarannya di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park BSD City. Perguruan tinggi yang namanya diambil dari nama Sir Jhon Monash - tokoh jendral dari Perang Dunia ke 1 yang mahsyur rencananya akan mulai beroperasi pada Oktober 2021 dan fokus di pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management. Selengkapnya silakan akses di monash.edu/indonesia-campus. 

Kehadiran Monash University menjadi harapan tersendiri bagi siapapun untuk mengenyam pendidikan di salah satu institusi terbaik dunia tanpa harus ke luar negeri. Menariknya Monash Indonesia akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui berbagai program kemitraan. Dengan demikian kehadiran Monash juga akan memicu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global. Mantappp. 



Dalam keterangan resminya Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyampaikan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat karena BSD City terpilih menjadi lokasi bagi Monash University. 

"BSD City telah dikenal dengan ekosistem pendidikannya yang baik dengan adanya berbagai institusi pendidikan dan universitas terkemuka di Indonesia. Kini kami menyambut Monash University yang akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang beroperasi di Indonesia. Ini merupakan peristiwa bersejarah sangat penting yang ditorehkan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kami juga turut mendukung Monash University dalam upayanya untuk makin memperluas jaringannya di skala global sehingga mahasiswa Indonesia dapat turut menerima pendidikan kelas dunia."

Proffesor Andrew MacIntrye - Wakil Rektor Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University menambahkan, "kami memilih BSD City karena lokasinya yang mencerminkan tujuan dari Monash yaitu untuk terkoneksi ke industri, berada dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup."

Yes, benar sekali. Kehadiran Monash University semakin melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City. Selain perguruan tinggi Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan IULI, institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc dan AWS Academy dari Amazon pun beroperasi di sini.

Untuk pusat pendidikan informal ada Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest dan NXL Esport Center sebagai tempat untuk menambah ilmu dan keahlian. Semua komplit ada di BSD. 

Btw, nantinya lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan SDM di perusahaan-perusahaan yang berkantor di kawasan CBD BSD City seperti Unilever, NTT, Orami, MyRepublic dan lainnya. 

Tertarik menimba ilmu di Monash University? Aksesnya gampang koq. Bisa dari tol Jakarta - Serpong atau Jakarta - Merak yang terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tol Jagorawi, dan tol Bandara. Asiknya di BSD City ada beragam moda transportasi publik yang dapat dijadikan alternatif berkendara seperti Royal Trans Jabodetabek dan kereta listrik Commuter Line yang melalui kawasan Transit Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City. 

No comments