ASUS Vivobook Go 14 E1404F Laptop Sempurna untuk Pelajar



Laptop telah menjadi alat yang sangat diperlukan dalam kehidupan modern kita. Ibarat pintu gerbang menuju dunia digital, laptop menjadi alat penghubung yang baik untuk berbagai aktivitas. Tak hanya untuk bekerja, hiburan dan hobi, pun untuk keperluan sekolah.

Akan tetapi dengan semakin banyaknya pilihan yang tersedia, memilih laptop yang tepat tidak sesederhana yang dibayangkan. Sangat memusingkan kepala. Ada banyak hal yang perlu diketahui sebelum menentukan laptop yang pas. Tidak hanya soal harganya tetapi bagaimana spesifikasi, kelebihannya dan peruntukannya.

Apakah dia pelajar yang mencari perangkat portabel untuk membuat catatan dan tugas-tugas sekolah? Apakah dia seorang Content Creator yang membutuhkan mesin canggih untuk desain grafis atau pengeditan video? Atau apakah dia seorang gamer yang mencari rig berperforma tinggi untuk pengalaman bermain game yang imersif? 

Sebagai orang tua dengan picky teenager, menemukan laptop yang tepat untuk kesuksesannya di bidang akademik menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kriterianya perangkat tersebut harus cukup kuat untuk menampung tugas-tugas sekolah, cukup ringan dan portabel untuk dibawa kemana-mana, dan cukup tahan lama untuk menahan kerasnya kehidupan akademik. Kalau bisa harganya terjangkau ho...ho...ho...

Beruntung saya berkesempatan ngumpul dalam Micro Gathering Blogger bareng teman-teman Blogger Bogor yang sudah lama sekali tidak bersua. Saking lamanya, ada lho yang dari belum menikah ternyata sudah punya dua anak. Masya Allah senang sekali bertemu kalian.

Acara yang berlangsung pada 3 Desember 2023 di Enthree Coffee and Kitchen Cibinong beneran jadi moment membahagiakan setelah lama hibernasi lantaran kesibukan masing-masing.



Sambil bertukar cerita kami membahas rekomendasi laptop yang sempurna untuk pelajar. Saya dan teman-teman juga berkesempatan menjajal kehandalan laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yang memiliki sejumlah keunggulan. 

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari. 

Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap - PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan Power Point) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapat pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda. 

Performa dan Kekuatan
Yang namanya pelajar sudah pasti berurusan dengan banyak tugas. Berbagai aplikasi penunjang akademik harus ada seperti kamus, aplikasi belajar online, kalkulator grafik, aplikasi gambar, aplikasi edit video, perpustakaan digital, google classroom, zoom dan lain-lain.

Oleh karena itu, laptop dengan prosesor mumpuni dan RAM yang memadai, minimal 8GB sangatlah penting. Agar kinerja kegiatan akademiknya lancar dan tugas-tugas berat dapat teratasi.

Laptop ASUS Vivobook Go14 memiliki prosesor generasi terbaru AMD Ryzen™ 7000 U yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik. Selain prosesor yang powerful, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Wah di luar ekspektasi nih!

Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan yang pasti jadi lebih hemat energi yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama.



Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan kegiatan multitasking yang lebih efisien, memastikan penggunanya dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif.

Kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat memastikan kinerja Vivobook Go 14 (E1404F) lancar bahkan dengan tugas-tugas komputing berat sekalipun. Tidak salah bila laptop ini menjadi pilihan ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi.

Portabilitas dan Daya Tahan Baterai
Kesibukan pelajar tidak melulu soal kegiatan belajar di sekolah, seringkali iapun harus berpindah-pindah tempat untuk les atau belajar kelompok. Maka memiliki laptop yang mudah dibawa kemana-mana dan nyaman dimasukkan ke dalam tas ransel adalah hal yang penting bagi pelajar.

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) tersedia dalam tiga pilihan warna yang tampak stylish dan sesuai dengan selera remaja kekinian yang selalu ingin tampil beda yaitu Mixed Black dan Cool Silver yang long lasting serta warna Grey Green yang kalem.

Bobotnya tipis dan ramping untuk dimasukkan ke dalam tas sehingga ringan dibawa dengan satu tangan. Hanya 1,3kg dengan ketipisan 17,9mm. Cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak ingin repot dengan perangkat yang berat.

Selain itu baterai yang tahan lama adalah kunci bagi pelajar yang menghabiskan waktu berjam-jam di sekolah. Maka laptop yang menawarkan masa pakai baterai minimal 8-10 jam dapat memastikan putra putri kita bisa mengikuti kelas sepanjang hari tanpa perlu mengisi ulang baterai.

Adapun laptop ASUS Vivobook Go 14 memiliki kapasitas baterai 42WHrs yang mendukung pengisian daya cepat sehingga memungkinkan pengguna dapat mengisi baterai yang lemah hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.  Tidak mengecewakan hati lah ya. Wuss...!

Penyimpanan dan Konektivitas
Pelajar sudah pasti punya sederetan tugas, proyek kelompok, bahkan aktivitas kesiswaan yang membutuhkan notulensi.  Laptop yang memiliki beberapa konektivitas adalah poin penting yang sebagian besar pelajar inginkan.

Senangnya ketika mengetahui ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan berbagai port yang akan memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio.

Daya Tahan dan Kualitas
Pelajar punya segudang kegiatan dan biasanya sering tergesa-gesa melakukan apapun. Laptop yang tidak sesuai peruntukan kemungkinan besar akan cepat rusak.

Memilih model laptop yang tahan benturan dengan engsel yang kuat, tahan guncangan, dan tuts keyboard yang tidak mudah lepas akan memberikan ketenangan selama penggunaan.



Adapun laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) tak hanya memiliki desain body yang ramping dan enteng, namun telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat.

Ketangguhan lain yang menjadi unggulan ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) adalah engsel atau hinge yang bisa dibuka hingga 180°. Fitur ini tentu memudahkan pelajar ketika harus melakukan presentasi atau kerja kelompok. Dan ternyata engsel jenis ini menandakan kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

Keamanan dan Kenyamanan
Dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan webcam shield yang bisa di geser switch  on/off agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Kehadiran privacy shield di webcam ini juga memudahkan pengguna saat sedang online meeting namun tidak ingin mengaktifkan kamera.

Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Kegunaannya untuk melindungi data pribadi dibandingkan menggunakan sistem password yang riskan lupa dan mempercepat proses login ke Windows 11 melalui Hello Windows.  Kerennya fingerprint sensor (sidik jari) umumnya tersedia pada laptop mid-high alih-alih laptop entry level seperti ASUS Vibook Go14 (E1404F). 



Tidak hanya itu, laptop ini juga menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Dan menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard.

Dan ada satu  keunggulan utama lain dari laptop ini adalah layarnya yang sudah Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits sehingga penggunanya mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

Sekedar perbandingan, banyak laptop 6 jutaan di segmen yang sama yang menawarkan hanya layar dengan resolusi HD. Tentu saja hasilnya  tidak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. Ataupun kalau sudah menggunakan layar Full HD, tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi.

Oiya, layar di Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Tidak hanya itu, desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis.

Dengan begitu banyak keunggulanya, tertarik gak sih? 

Kesimpulan : Dalam memilih laptop yang tepat bergantung pada kebutuhan dan anggaran. Laptop ASUS Vivobook Go14 (E1404F) hadir sebagai pilihan laptop sempurna untuk pelajar. Desainnya tipis dan ramping, bobotnya enteng namun kuat, baterainya tahan lama, kinerjanya cepat, memiliki ruang penyimpanan besar, nyaman dan aman saat digunakan karena ada fitur webcam shield dan fingerprint sensor dan harganya pun terjangkau. Hanya 6 jutaan.

So, berinvestasi pada laptop yang memenuhi kriteria ini tidak sia-sia.  Memilihkan laptop ASUS Vivobook Go14 (E1404F) yang sempurna untuk putra-putri kita sama artinya kita telah mempersiapkan diri untuk membantu mereka menggapai kesuksesan sepanjang perjalanan akademis mereka, aamiin.




Main Spec.

Vivobook Go 14 (E1404F)

CPU

AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit keyboard

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera

720p HD camera

Audio

AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Security

Webcam privacy shield, Fingerprint sensor with Windows Hello support

Battery

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.38Kg

Colors

Green Grey, Cool Silver, Mixed Black

Price

Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)

Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty


13 komentar

  1. sempurna banget ini mah buat pelajar. bobotnya ringan namun tangguh dan punya spek yang oke. yuk ah makk cuss diborong buat anaknya. sayang anak sayang anak...

    BalasHapus
  2. Bisa nih, masuk ke bahan pertimbangan saat akan beliin anak-anak laptop nanti. Apalagi yang sulung senang dengan desain, sepertinya butuh laptop yang spek desainnya baik. Setidaknya nyicil ngumpulin informasi plus uangnya dulu, hehehe

    BalasHapus
  3. Muantab baca review keren ini. Asus VIVOBOOK Go 14 saya yakin bakal jadi kesayangan masyarakat mengingat harga yang tidak terlalu mahal plus banyak fitur keren yang dimiliki.

    BalasHapus
  4. Sangat tertarik banget mba dengan laptop ASUS Vivobook go14 ini. Secara performanya mantap banget, jangankan untuk pelajar kayaknya untuk blogger juga boleh banget ini. DItambah fitur keamanannya, finger print dan pengenal wajah, keren.

    BalasHapus
  5. Ulalaaaa gahar banget spesifikasinyaaaa
    kok daku yakin laptop ASUS ini cocok utk semua kalanhgan.
    bukan hanya pelajaar gt loh

    BalasHapus
  6. Benar sekali, Mbak Diah. Laptop saat ini sudah jadi barang wajib penunjang beraktivitas. Dari anak sekolah, ornag kantoran, sampai freelance semua buruh laptop. dan kerennya sekarang laptop sudah menyesuaikan dengan setiap kebutuhan orang.
    dan rekomend nih, aptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F). Bisa diajak juga ke mana-mana. Jadi bisa mobile. Engselnya itu bisa sampai 180 derajat. mantul.

    BalasHapus
  7. Harganya worth it ya mbak, masih kategori belum 2 digit tapi dapet spek dan body goal banget...
    Pasti enak dibawa kerja mobile. Praktis dan enteng.
    Asus emang belum ada lawan, aku dari dulu pake asus sampe sekarang...
    Tapi ganti baru kalo udh bener2 rusak aja sih

    BalasHapus
  8. Keren ya? Harganya sangat terjangkau tapi speknya luar biasa
    ASUS emang ngemanjain penggunanya ya?
    ASUS seri manapun selalu memuaskan

    BalasHapus
  9. Dengan spesifikasi yang ada dan harga yang ditawarkan, ASUS Vivobook Go 14 ini memang cocok ya buat pelajar. Dengan berkembangnya teknologi dan pengajaran daring, memang mau gak mau anak-anak sekarang harus memilik laptop. Banyak tugas dan kebutuhan yang terkait di dalamnya.

    BalasHapus
  10. Baru aja minggu yl anakku ngajak ke toko elektronik, nyari laptop. Untung belum langsung beli sih, masih tanya-tanya, dan foto-foto speknya, yg sesuai sama kebutuhan di sekolah. Trims nih reviewnya. Ntar aku kirim link-nya deh ke anakku...

    BalasHapus
  11. Buat daku yang kala sekolah dan kuliah mengandalkan aplikasi word, sehingga kebawa sampe sekarang kerja, hadirnya laptop yang udah ada OHS bikin bahagia deh. apalagi ini speknya ASUS udah gak diragukan lagi ya

    BalasHapus
  12. Asus Vivobook go 14 ini bener-bener trendi khas anak muda banget ya Mba?
    Apalagi termasuk ringan, batre-nya juga tahan lama, speknya juga keren..

    BalasHapus
  13. Selalu happy kalau ada acara gathering begini yaa..
    Dan diperkenalkan dengan produk ASUS yang pastinya keren. Aku salut karena produk ASUS menjangkau dan menjawab kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Untuk harga, ASUS Vivobook Go 14 E1404F ini terjangkau banget.

    BalasHapus