Kunci Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Homescholling



Sistem pendidikan tradisional terus menghadapi tantangan. Ruang kelas yang penuh sesak, sumber daya guru yang terbatas, tekanan ujian yang terstandarisasi, hingga kasus bullying. Tak heran semakin banyak orang tua yang memutuskan beralih menyekolahkan anak-anaknya secara homeschooling.

Ya, homeschooling telah menjadi pilihan yang semakin populer bagi keluarga yang mencari pendidikan yang lebih personal untuk anak-anaknya. Dengan kemajuan teknologi dan internet, homeschooling menjadi lebih mudah diakses dibandingkan sekolah formal. Mekanisme homeschooling yang fleksibel menjadi cara untuk menumbuhkan pembelajaran mandiri dan keterampilan berpikir kritis pada anak-anak mereka.

Webinar Sinotif dengan narasumber Cilya Marthalena 


Seperti halnya Cilya Marthalena. Dalam webinar yang digelar Sinotif pada Sabtu 16 Desember 2023 bertema "Homeschooling dan Kemandirian Anak dalam Belajar" pebisnis dengan tiga anak ini membagikan pengalamannya seputar homeschooling. Simak yuk!




Homeschooling yes or ney?

Banyak orang tua yang masih ragu menyekolahkan anaknya secara homeschooling. Sebagian besar mengira homeschooling hanya tepat untuk anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus.

Padahal tidak begitu. Nyatanya homeschooling pun memiliki banyak kelebihan. Selain jam belajar yang fleksibel dan suasana rumah yang homey kecepatan belajar yang menyesuaikan dengan daya tangkap anak menjadi sebuah alternatif pembelajaran yang solutif. anak jadi lebih fokus belajar. Terlebih sistem homeschooling adalah legal ; dan telah diatur dalam UU Sisdiknas.

Cilya mengakui awal keputusan menyekolahkan tiga anaknya di homeschooling saat pandemi beberapa waktu lalu. Saat itu semua sekolah formal dilakukan secara daring. Cilya yang giat mendampingi proses belajar anak-anaknya jadi tahu metode belajar mengajar di sekolah. Terbersitlah ide untuk menyekolahkan homeschooling ketiga anaknya.

Webinar Homescholling dan Kemandirian Anak dalam Belajar bareng Sinotif 


Dari berbagai metode homescholling iapun memutuskan masuk dalam lembaga supaya lebih praktis dibandingkan mengurus sendiri. Pertimbangannya sederhana. Bagaimanapun ia tidak mungkin bisa mendampingi anak-anaknya terus apabila pandemi telah berakhir. Selain alasan praktis, menurutnya biaya homeschooling jatuhnya lebih murah dibandingkan sekolah formal anak-anaknya.

Kemandirian Belajar dalam Homeschooling

Kemandirian belajar adalah salah satu manfaat utama homeschooling yang tidak dapat diabaikan. Dalam lingkungan homeschooling, anak-anak memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal belajar mereka sendiri dan mengambil inisiatif dalam mengeksplorasi topik-topik yang menarik minat mereka. Dengan demikian, mereka belajar untuk mengambil tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri.

Cilya membuktikannya. Meskipun homeschooling namun anak-anaknya tetap aktif,  dapat berinteraksi dan bersosialisasi seperti anak-anak pada umumnya. Tak hanya itu keterampilan penting seperti mengatur waktu, mengatur diri, dan memecahkan masalah dengan cepat dan efektif menjadi lebih berkembang.

Terkait mengembangkan kemandirian belajar anak dalam lingkungan homeschooling dibutuhkan kerjasama antara orangtua dan anak. Itu sebabnya ketika sejak awal memutuskan Homeschooling atau tidak Cilya membuat kesepakatan terlebih dulu dengan anak-anaknya karena tantangannya yang tidak sedikit.

“Kalau orang tuanya tidak siap lebih baik nggak usah ngambil homescholling. Karena buat apa homeschooling kalau tidak ada pendampingan,” kata Cilya.

Selain kerja sama komunikasi juga memiliki peran. Di era global seperti sekarang ini komunikasi menjadi umpan balik konstruktif untuk mengasah kemandirian anak. Cilya membagikan tips supaya komunikasi dengan anak-anaknya tetap lancar. Pancing percakapan, cari apa yang mereka sukai untuk dijadikan topik pembicaraan. Dan alangkah baiknya orangtua mau mengupdate perkembangan terkini supaya tidak ada gap komunikasi dengan anak.

Dorong Eksplorasi Anak

Pada dasarnya setiap anak memiliki karakter yang unik. Dan tugas orang tua adalah mendukung , memberi kebebasan dan dorongan yang tepat untuk menstimulasi perkembangan akademik dan karakter diri yang bermutu.

Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki era industri 4.0. Siapkah anak-anak kita bersaing untuk menjadi yang terbaik?

Homeschooling menjadi media yang tepat untuk membebaskan mereka mengeskplorasi, berimajinasi dan mengembangkan kreativitas mereka secara lebih bebas. Dorong mereka untuk membuat pertanyaan dan mencari solusi sendiri. Tentunya orangtua harus mencari sumber daya yang relevan, seperti buku, website, atau bimbel khususnya pelajaran yang sulit yaitu Bimbel Matematika , Fisika dan Kimia. 

Keunggulan Sinotif

Dari berbagai rekomendasi Cilya memilih bimbel Sinotif satu-satunya bimbel spesialis terbaik di Indonesia yang berfokus pada tiga pelajaran sulit yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. 

Berikut 7 keunggulannya

1. Spesialis pelajaran matematika, fisika dan kimia

2. Program belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya untuk anak yang ingin mengulang pemahaman materi sekolah, PR dan latihan yang sulit, persiapan ulangan harian, ulangan umum, kenaikan kelas hingga persiapan masuk perguruan tinggi.

3. Modul belajar lengkap dan sistematis

4. Pendekatan secara personal untuk mengenal karakter dan gaya belajarnya sehingga anak dapat menerima pelajaran dengan lebih maksimal.

5. Laporan belajar secara berkala

6. Bisa tanya PR 24 jam nonstop

7. Garansi uang kembali

Sinotif Learning Method


Sinotif telah berdiri sejak tahun 2000. Seiring perkembangan zaman di tahun 2020 Sinotif mengukuhkan diri membuka kelas belajar live interaktif atau kelas online. Online di sini bukanlah seperti menonton video tutorial tapi seperti kelas belajar pada umumnya tapi dilaksanakan secara online. Baik guru maupun siswanya altif berinteraksi dua arah.

Sinotif memiliki ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara. Usianya mulai dari 6 tahun hingga 19 tahun. Dengan kurikulum nasional, nasional plus dan internasional (Cambridge, IB dan HSC dan lainnya) program pelajaran diatur sedemikian rupa untuk menyesuaikan pemahaman anak, apakah dipercepat atau diperlambat. Sehingga Sinotif dengan mudah menjangkau anak yang bersekolah di sekolah negeri, swasta, kelas internasional ataupun anak homeschooling

Kesimpulan

Homeschooling saat ini menjadi alternatif bersekolah mandiri selain sekolah formal pada umumnya. Dibutuhkan kedisplinan mengatur jadwal tapi di sisi lain ada kebebasan mengeskplorasi minat secara lebih mendalam.

Dalam homeschooling, kemandirian belajar anak sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penting untuk diingat bahwa disiplin diri bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan konsistensi serta ketekunan dalam menjalankannya. Namun, manfaat yang didapatkan dari memiliki disiplin diri yang baik adalah anak yang mampu mengatur waktu dengan baik dan tetap fokus pada tugas-tugas pembelajaran yang telah ditentukan.

Sudah menjadi tanggung jawab orangtua memberikan pendampingan dan pemantauan sepenuhnya pada anak homeschooling. Orangtua harus aktif mencari sumber daya yang relevan untuk menyiapkan anak menuju era industri 4.0. Diantaranya mencarikan buku, website, dan bimbel yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Sinotif menjadi alternatif bimbel yang direkomendasikan. Dengan sistem belajar live interaktif anak-anak bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Sinotif telah berpengalaman lebih dari 20.tahun yang memfokuskan pada bimbel pelajaran sulit yang selama ini menjadi momok yaitu Matematika, Fisika dan Kimia.

Keberhasilan anak di masa depan adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Oleh karenanya penguatan pondasi sejak dini harus menjadi prioritas, tak hanya pola asuh tapi memilihkan sekolah dan bimbel yang tepat.

 

5 komentar

  1. Wuah sangat membantu anak-anak dalam mengerjakan PR asik banget sih ini. Apalagi disediakan waktunya 24 jam buat tanya² sehingga gak bakalan lagi keblinger

    BalasHapus
  2. Boleh nih bun, untuk referensi. Anakku yh masih TK A ini udah sering bgt minta sekolah di rumah sama aku katanya. Di tanya mau SD dmn juga jawabannya tetep, sekolah di rumah 😅

    BalasHapus
  3. Anaka-anak sangat senang banget dengan adanya tempat belajar online Sinotif ini, secara waktunya sangat fleksibel yg tentunya bisa disesuaikan dengan mood anak yg pas untuk menerima pelajaran tambahan atau diskusi mengerjakan tugas sekolah.

    BalasHapus
  4. senang ya, sekarang homescholling semakin berkembang
    Asalkan terjalin kesepakatan antara ayah-ibu dan anak, homescholling emang amat menguntungkan kok.
    Anak bisa mengoptimalkan mata pelajaran yang disukai, termasuk memberi jeda pada matpel yang sulit
    Terlebih Sinotif paham banget, bahwa setiap anak berbeda karena itu butuh pendekatan berbeda

    BalasHapus
  5. Saya selalu salut dengan orangtua yang memilih homeschooling untuk anak-anaknya karena memang peran, dukungan dan waktu orangtua untuk anak saat HS porsinya jauh lebih banyak. Dan sekarang juga terbantu dengan adanya kelas interaktif seperti sinotif ini yang bisa memenuhi kebutuhan para siswa..

    BalasHapus